0 Comment
Foto: IstockFoto: Istock

Jakarta - Program diet yang menjanjikan penurunan berat tubuh dengan cepat niscaya selalu jadi tren. Kini ada lagi diet militer, menyerupai apa referensi diet ini?

Dikabarkan MSN (15/1) tren diet militer ini dikenal juga dengan sebutan diet 3 hari. Program diet ini diklaim dapat menurunkan berat tubuh hingga 4,5 kilogram hanya dalam waktu seminggu.

Diet ini memang tidak ada kaitannya dengan dunia militer atau kegiatan militer para tentara namun alasannya yaitu sulit diterapkan maka diet ini dijuluki diet militer. Orang yang menjalani diet ini tidak harus berlatih fisik layaknya para militer, mereka hanya harus menjaga referensi makan yang ketat.
Tren Baru Turunkan Berat Badan dengan Diet Militer, Seperti Apa?Foto: Istock

Baca juga : Menurut Pakar Kesehatan, Ini 7 Pola Diet Paling Baik di 2019

Seorang andal gizi Sophie Medlin menjelaskan meskipun hanya berlangsung selama 3 hari tapi diet ini cukup sulit dijalankan. "Selama 3 hari, ada masakan yang ditentukan untuk dimakan. Selanjutnya selama 4 hari bebas makan apapun selama kalori masakan tak lebih dari 1500 kalori per hari," terang Medlin.

Siklus ini diulangi terus hingga bobot tubuh ideal yang diharapkan. Dalam situs diet militer tercatat jenis masakan dan porsi yang harus disantap selama 3 hari.

Pada hari pertama, pelaku diet hanya boleh sarapan sepotong roti bakar dengan 2 sendok makan selai kacang, setengah buah grapefruit serta kopi atau teh. Menu makan siang terdiri dari sepotong roti bakar, setengah mangkuk ikan tuna, secangkir teh atau kopi. Sementara makan malam dengan sajian 85 gram daging dengan semangkuk kacang hijau, buah apel, setengah buah pisang dan satu cup es krim vanila.
Tren Baru Turunkan Berat Badan dengan Diet Militer, Seperti Apa?Foto: Istock
Pada hari kedua, sajian sarapannya yaitu sepotong roti bakar, satu telur rebus, setengah buah pisang dan secangkir kopi atau teh. Makan siang dengan satu telur rebus, secangkir keju cottage, 5 keping biskuit dan secangkir kopi atau teh. Dan makan malam dengan sajian dua sosis hotdog tanpa roti, setengah mangkuk wortel, setengah mangkuk brokoli, setengah buah pisang dan setengah cangkir es krim vanila.

Di hari terakhir atau hari ketiga, sajian sarapannya 100 gr keju cheddar, 5 keping biskuit, apel kecil dan secangkir teh atau kopi. Makan siang dengan sajian sepotong roti bakar, satu butir telur dan teh atau kopi. Untuk makan malamnya haya boleh menyantap semangkuk ikan tuna, setengah buah pisang dan secangkir es krim vanila.

Setelah tiga hari menyantap sajian ini, penerima diet harus melajutkannya selama empat hari ke depan. Menu yang disantap dapat apa saja namun dibatasi jumlah kalorinya yang tak boleh lebih dari 1.500 kalori dalam sehari.
Tren Baru Turunkan Berat Badan dengan Diet Militer, Seperti Apa?Foto: Istock

Baca juga : Dengan 'Sirtfood Diet' Bisa Tetap Makan Cokelat dan Minum Kopi

Meskipun terdengar mudah tapi Medlin mengingatkan kalau diet ini mempunyai resiko yang tidak mengecewakan besar. Karena asupan kalori yang rendah, penerima diet akan mengalami lemas, sakit kepala hingga kram perut alasannya yaitu merasa lapar.

Hasil diet memang pribadi dapat terlihat sesudah seminggu menjalani referensi makan yang ditentukan. Namun hal ini harus dilakukan secara berkesinambungan alasannya yaitu bila kembali menjalani referensi makan tanpa aturan, berat tubuh akan dengan cepat kembali melonjak.

Post a Comment

 
Top