0 Comment
Mesin kinclong ibarat ini kan asyik (Foto: Ari Saputra)Mesin kinclong ibarat ini kan asyik (Foto: Ari Saputra)

Jakarta - Meski area mesin kendaraan beroda empat tertutup, itu tidak menghalangi debu dan kotoran melekat di bab tersebut. Debu dapat masuk ke area mesin melalui grille depan dan celah bawah mesin yang biasanya tanpa pelindung.

Jika area mesin sudah terlihat kotor, tentunya wajib dibersihkan. Tapi membersihkan area mesin kendaraan beroda empat nggak boleh sembarangan nih Otolovers. Karena banyak part kelistrikan yang berpotensi korsleting bila terkena air.



Menurut Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi, ketika membersihkan mesin mobil, disarankan tidak memakai air bertekanan tinggi. "Itu untuk menghindari air masuk ke sistem kelistrikan," kata Anjar, kepada detikOto.

Tapi bukan berarti dihentikan memakai air untuk membersihkan area mesin kendaraan beroda empat ya Otolovers. Menurut Anjar boleh saja membersihkan area mesin kendaraan beroda empat memakai air. Hanya saja, caranya harus tepat.



"Cukup disiram memakai air selang yang mengalir. Setelah itu, lap memakai kain bersih," terperinci Anjar. Lantas bagaimana dengan bab kelistrikan ibarat aki? Apakah perlu diberi pelindung?

"Nggak perlu kalau hanya sekedar disiram. Pastikan saja semua koneksi kabel terpasang tepat (terklik) dan area filter udara juga tertutup sempurna," pungkas Anjar.

Post a Comment

 
Top