0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Peneliti sebut konsumsi wortel dalam jumlah banyak sebabkan perubahan warna kulit. Warna kulit akan menjadi oranye kekuning-kuningan. Begini penjelasannya.

Wortel masuk dalam salah satu sayuran kaya manfaat yang murah. Wortel dikenal sebagai sumber asupan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Banyak Makan Wortel Bikin Warna Kulit Oranye Kekuningan, Ini Kata PenelitiFoto: Getty Images
Sebenarnya tak hanya baik untuk mata, sayur renyah ini juga sehatkan kulit. Bahkan dikutip dari Foodbeast (19/1), makan wortel dapat bikin kulit berwarna oranye kekuning-kuningan.

Baca juga: Selain Sehatkan Mata, Wortel Juga Bisa Bantu Langsingkan Tubuh

konsumsi banyak wortel berarti mengasup betakaroten dalam jumlah cukup banyak ke dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, Santa Barbara telah menguji hal tersebut.

Hasilnya, konsumsi banyak wortel dapat buat kulit berwarna oranye kekuning-kuningan. Menurut peneliti, itu dikarenakan fenomena berjulukan 'carotemia'.

Banyak Makan Wortel Bikin Warna Kulit Oranye Kekuningan, Ini Kata PenelitiFoto: Getty Images
Carotemia yaitu perubahan warna kulit yang paling terlihat di penggalan telapak tangan dan kaki. Perubahan warna kulit itu terjadi ketika Anda mengonsumsi materi masakan yang kaya akan betakaroten berlebih. Makanan yang kaya akan betakaroten antara lain wortel, ubi jalar sampai labu kuning.

Kondisi ini paling sering terlihat dan terjadi pada bayi. Apalagi ketika mereka mulai mengonsumsi masakan pengganti ASI. Carotenemia mungkin terdengar berbahaya, tapi sesungguhnya tidaklah berbahaya.

Banyak Makan Wortel Bikin Warna Kulit Oranye Kekuningan, Ini Kata PenelitiFoto: Thinkstock
Namun, dibutuhkan konsumsi wortel dalam jumlah cukup banyak untuk mengubah warna kulit orang dewasa. Sebab melahap satu atau dua buah wortel utuh per hari saja tidak akan memberi efek apapun pada warna kulit.

Menurut para peneliti, orang cukup umur harus makan setidaknya tiga buah wortel ukuran besar per hari untuk dapat meraih carotemia. Perlu dicatat bahwa asupan betakaroten berkembang menjadi vitamin A di dalam tubuh. Jadi, makan wortel sesungguhnya baik untuk kesehatan badan secara keseluruhan.

Selain itu, wortel membantu badan untuk memproduksi kolagen. Bahkan jago nutrisi berjulukan Anna Mitsios menjelaskan, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel dapat menstimulasi produksi kolagen dalam kulit sekaligus menjaga elastisitas kulit. Kolagen sendiri merupakan zat yang menciptakan kulit kencang, elastis, dan sehat.

Baca juga: Ingin Kulit Mulus? Makan Wortel Saja!

Post a Comment

 
Top