0 Comment
Foto: IstockFoto: Istock

Jakarta - Anak-anak di usia sekolah membutuhkan fisik dan mental yang optimal. Oleh kesannya para ibu harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Kebutuhan gizi yang tepenuhi sanggup menunjang proses tumbuh kembang buah hati. Apalagi, bawah umur usia SD (SD) membutuhkan energi untuk segudang kegiatan di sekolah.

Makanan yang diasup juga harus mengandung nutrisi untuk perkembangan otaknya dan menjaga sistem ketahanan tubuh. Gizi yang tercukupi juga akan menghindari anak dari gizi buruk. Berikut zat gizi dan beberapa sumber makanan yang diharapkan anak usia SD.

1. Karbohidrat
Ketahui 5 Zat Gizi Penting Bagi Anak Agar Tumbuh Kembangnya OptimalFoto: Istock
Makanan dengan kandungan karbohidrat harus terpenuhi alasannya ini ialah 'bahan bakar' yang diharapkan sebagai energi. Selain menjadi lemas, anak yang kekurangan karbohidrat juga terlihat pucat, kurus, dan berwajah lesu.

Banyak makanan yang sanggup disantap bawah umur sebagai sumber karbohidrat terutama nasi. Beberapa makanan lain ibarat kentang, ubi sampai roti juga sanggup jadi alternatif sumber karbohidrat. Para orang bau tanah perlu melatih kreatifitas untuk mengolah sumber karbohidrat ini menjadi sajian menarik.

Baca juga : Ini Pentingnya Nutrisi Anak Usia Sekolah Harus Tercukupi

2. Protein
Ketahui 5 Zat Gizi Penting Bagi Anak Agar Tumbuh Kembangnya OptimalFoto: Istock

Protein mempunyai tugas untuk membentuk dan memperbaiki sel-sel tubuh. Protein juga berkhasiat mendukung tumbuh kembang anak usia sekolah. Kebutuhan zat gizi ini harus terpenuhi setiap harinya.

Untuk anak usia 8-14 tahun, asupan protein yang disarankan yakni 0,95 gram per kilogram berat tubuh anak. Sumber protein sanggup berasal dari hewani dan nabati. Ajak anak lebih banyak mengonsumsi ikan, telur atau susu biar asupan protein hariannya terpenuhi.

3. Yodium
Ketahui 5 Zat Gizi Penting Bagi Anak Agar Tumbuh Kembangnya OptimalFoto: Istock

Banyak kasus yang menunjukkan anak yang mengalami kekurangan yodium. Meskipun bukan zat gizi utama tapi yodium ternyata mempunyai tugas cukup besar pada tumbuh kembang anak-anak.

Yodium mempunyai manfaat utama untuk menyebarkan saraf pada anak. Sumber yodium sanggup didapatkan dengan rutin menyantap bayam, ikan bahari dan juga sanggup mengandalkan penggunaan garam beryodium.

4. Asam folat
Ketahui 5 Zat Gizi Penting Bagi Anak Agar Tumbuh Kembangnya OptimalFoto: Istock

Bukan hanya penting bagi ibu hamil, asam folat juga diharapkan anak usia sekolah. Jika asupan asam folat tercukupi maka pertumbuhan anak tidak akan terganggu. Karena asam folat memberi tugas penting dalam proses pembelahan sel.

Sumber asam folat sanggup didapatkan dari banyak ragam makanan mulai dari kacang polong, tomat, kentang, jeruk dan semangka. Buat hidangan atau makanan ringan menarik biar si kecil mau menyantapnya.

Baca juga : Ibu Ini Rangkai Sayuran Makara Karakter Kartun Agar Putranya Makan Sayur

5. Serat
Ketahui 5 Zat Gizi Penting Bagi Anak Agar Tumbuh Kembangnya OptimalFoto: Istock
Serat memainkan peranan penting bagi kesehatan anak, terutama untuk menjaga sistem pencernaan. Jika asupan serat tercukupi, anak akan jauh dari problem ibarat sembelit dan nyeri perut.

Konsumsi serat yang cukup juga membantu usus bergerak optimal, ini besar lengan berkuasa pada sehatnya sistem pencernaan. Banyak makanan yang mengandung serat tinggi mulai dari sayuran, kacang-kacangan sampai buah.

Post a Comment

 
Top