0 Comment
Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Akhir pekan enaknya menonton film-film keren. Bagi pencinta makanan, di Netflix ada film dokumenter kuliner yang patut ditonton. Mulai dari soal BBQ hingga sushi!

Pencinta kuliner sebaiknya tak melewatkan film dokumenter berikut di Netflix. Ceritanya seru menyerupai soal budaya makan di banyak sekali negara hingga lika-liku industri kuliner Barat.

Baca Juga: Catat! Ini 7 Film Dokumenter Makanan yang Wajib Ditonton

1. Barbecue

5 Film Dokumenter Makanan di Netflix Ini Wajib DitontonFoto: Istimewa

Diluncurkan tahun 2017, Barbecue mengangkat kisah tradisi budaya memanggang dan mengasapi daging di 12 negara. Mulai dari BBQ gaya Texas hingga braii yang populer di Afrika Selatan. Uniknya, Barbecue tidak hanya fokus membicarakan teknik memasak tapi juga menonjolkan hal-hal berbeda di tiap negara. Film karya sutradara Matthew Salleh ini berhasil meraih penghargaan James Beard Award.

2. The Birth of Sake

5 Film Dokumenter Makanan di Netflix Ini Wajib DitontonFoto: Istimewa

Pembuatan sake yaitu tradisi berumur 2.000 tahun di Jepang. Sayangnya kini tak banyak orang Jepang menciptakan sake alasannya yaitu meracik minuman ini perlu berguru setidaknya 6 bulan untuk mengubah beras menjadi alkohol. The Birth of Sake menceritakan pembuatan sake di Yoshiwa Brewery untuk merek Tedorigawa. Penonton diajak melihat adegan-adegan sunyi, namun memanjakan mata dari proses pembuatan sake.

3. For Grace

5 Film Dokumenter Makanan di Netflix Ini Wajib DitontonFoto: Istimewa


ilm For Grace yaitu kisah perihal chef Curtis Duffy yang menciptakan restoran impiannya, Grace di Chicago. Makanan memang jadi bab penting dalam film ini, hanya saja kisah soal duduk perkara langsung chef Duffy menciptakan film dokumenter besutan Kevin Pang ini wajib ditonton. Film ini juga mengajak penonton melihat di balik pintu dapur milik seorang celebrity chef ternama Amerika ini.

4. In Defense of Food

5 Film Dokumenter Makanan di Netflix Ini Wajib DitontonFoto: Istimewa

Jurnalis Michael Pollan menulis buku In Defense of Food yang akibatnya diangkat ke layar lebar. Michael mencari tanggapan dari pertanyaan apa saja yang diperlukan untuk benar-benar makan sehat di zaman kini ini. Michael mengatakan bagaimana industri kuliner di negara Barat melaksanakan sejumlah hal yang mensugesti kesehatan konsumen. Sekaligus memunculkan persepsi berbeda lewat sejumlah agenda di media. Selain membahas nutrisi makanan, In Defense of Food juga menjelaskan langkah apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

5. Jiro Dreams of Sushi

5 Film Dokumenter Makanan di Netflix Ini Wajib DitontonFoto: Istimewa

Yang juga populer di Netflix yaitu film Jiro Dreams of Sushi. Film ini mengisahkan master sushi dari Jepang, Jiro Ono. Ia yaitu pemilik restoran Sukiyabashi Jiro yang menerima 3 bintang Michelin. Penonton akan disuguhkan kisah pengorbanan Jiro untuk mencapai keberhasilannya.

Baca Juga: Sukiyabashi Jiro, Restoran Sushi Terbaik di Dunia

Post a Comment

 
Top