0 Comment
Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jawa Tengah - Pecel dari flora sederhana ini rasanya renyah segar. Disiram bumbu pecel dan dinikmati dengan udang goreng, sedap rasanya.

Tanaman krokot Portulaca oleracea yaitu flora liar yang banyak tumbuh di halaman rumah, persawahan, ladang atau di semak-semak. Tanaman ini juga sering dimusnahkan alasannya dianggap gulma alasannya sanggup mengganggu flora lain.

Meski sederhana flora yang mengandung air dan serat ini dipercaya sanggup turunkan berat badan, menyehatkan pencernaan dan menjaga kesehatan kulit. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa flora ini baik dikonsumsi oleh anak penderita ADHD.

Renyah Gurih Pecel Krokot Khas Umbul Brintik KlatenFoto: dok. detikFood

Tanaman ini sanggup dimakan menyerupai sayuran dan juga mempunyai manfaat kesehatan. Salah satunya dibentuk urap atau pecel.

Pecel krokot salah satunya dijual oleh masyarakat Klaten, Jawa Tengah. Jika ingin menikmati Anda sanggup mampir di pemandian Umbul Brintik, Desa Malangjiwan, Kecamatan Kebonarum, Klaten.

Di pemandian Umbul Brintik banyak warga yang menjajakannya. Warung-warung di daerah itu menyediakan sajian pecel krokot. Pecel krokot sajikan bersama sayur Jembak atau selada air.

Renyah Gurih Pecel Krokot Khas Umbul Brintik KlatenFoto: dok. detikFood

Hidangan ini sama menyerupai nasi pecel lainnya. Yang membedakan, sayuran menyerupai bayam ditambah dengan krokot dan jembak. Sedangkan tauge dan daun kenikir tetap ada. Demikian pula bumbu kacang yang rasanya khas alasannya dicampur air asam dan gula Jawa. Bumbu kacang juga tidak ditumbuk halus, namun masih agak berangasan sehingga tampak butiran-butiran kacang yang kasar.

"Pecel kurang cendekia tapi rasanya khas. Banyak pengunjung yang cocok dengan hidangan ini setelah berenang di umbul," ungkap Ny Ning, salah satu pemilik warung pecel krokot.

Menurut dia, pembeli sanggup menentukan mau ditambah dengan lauk lainnya menyerupai bakmi, tahu dan tempe bacen, bakwan, tempe tepung atau lainnya. Tergantung selera yang diinginkan pembeli. Untuk lauknya juga tersedia udang kali atau urang kali goreng, wader goreng atau belut goreng.

Renyah Gurih Pecel Krokot Khas Umbul Brintik KlatenFoto: dok. detikFood

Namun ada pula pembeli yang menentukan nasinya diganti gendar. para pemilik warung di daerah itu hampir semua juga menyediakan gendar. Menyantap 2 buah gendar plus pecel krokot sudah sangat mengenyangkan.

"Mau pakai nasi, atau pecel saja. Mau pakai piring atau pincuk daun pisang. Bisanya pembeli suka tambah belut goreng, tahu dan tempe bacem, serta gendar," katanya.

Rasa renyah segar krokot dan selada air yang jadi materi utama makin yummy diaduk dengan bumbu pecel yang gurih pedas. Makin yummy dimakan dengan udang goreng, belut goreng atau ikan wader yang renyah gurih.

Renyah Gurih Pecel Krokot Khas Umbul Brintik KlatenFoto: dok. detikFood

Untuk harga juga sangat murah, pecel krokot komplit cukup Rp 3.000/porsi. Kalau tambah nasi dan lauk lainnya juga sekitar Rp 5.000. Sedangkan untuk urang goreng, wader goreng atau belut goreng harganya sekitar Rp 5.000.

Triyastuti warga Gatak, Sukoharjo mengungkapkan dirinya bersama 5 anggota keluarganya sengaja untuk berenang di Umbul Brintik. Setelah berenang lalu menyantap pecel krokot dan lauk pauk lainnya.

"Sudah tiga kali ke sini, habis berenang lalu sarapan nasi pecel krokot," katanya.

Post a Comment

 
Top