0 Comment
Foto: IstockFoto: Istock

Jakarta - Bento yakni bekal makan siang khas Jepang. Biasanya diracik dengan lauk bermacam-macam warna dan sarat nutrisi.

Untuk meracik bento ternyata tak sekadar menaruh nasi dan lauk. Ada bermacam-macam trik yang perlu diikuti supaya kualitas bento tetap terjaga dan tentunya tampil menarik selera. Basic Tokyo (25/1) merangkum infonya ibarat berikut.

1. Pakai minyak sayur
Minyak sayur ibarat minyak wijen atau minyak zaitun paling pas untuk menciptakan bento. Hindari menggunakan minyak hewani ibarat mentega alasannya yakni akan mengeras dikala sudah dingin. Meski begitu, menggunakan sedikit mentega untuk memberi rasa hidangan tak masalah.

Mau Bikin Bento? Ikuti 10 Trik Penting Ini Agar Bento EnakFoto: iStock

2. Bumbui sedikit lebih banyak
Karena bento yakni bekal yang berarti dimakan beberapa jam lalu dan dingin, cita rasanya harus lebih kuat. Pasalnya dikala dingin, rasa kuliner cenderung menurun. Penting untuk memberi lebih banyak bumbu dikala menciptakan bento, terutama garam yang menghadirkan rasa gurih pada sajian.

3. Pilih bumbu aromatik
Selain bumbu utama lauk bento, Anda sanggup menambahkan bermacam-macam bumbu aromatik. Hasilnya aroma bento jadi lebih menggugah selera. Beberapa yang sanggup digunakan yakni jahe, bawang putih, bubuk kari, wijen, dan mustard.

4. Masak matang
Hindari membawa lauk bento yang tidak matang alasannya yakni kualitasnya nanti sanggup menurun. Salah satunya tidak dianjurkan bawa daging setengah matang. Masak daging sampai matang tepat supaya keamanannya lebih terjaga dan Anda terhindar dari keracunan makanan.

Mau Bikin Bento? Ikuti 10 Trik Penting Ini Agar Bento EnakFoto: iStock

5. Keringkan air
Jika lauk bento yang dibawa mengeluarkan jus atau cairan lainnya, segera keringkan. Cairan itu sanggup menurunkan kualitas kuliner dengan cepat. Akibatnya bento jadi bau atau bau. Hal ini juga berlaku dikala Anda membawa salad. Pastikan tiriskan dulu sayur-sayuran dan lap dengan tisu dapur untuk menyingkirkan sisa-sisa air.

6. Bersihkan kelebihan minyak
Selain cairan, penting juga meniriskan kelebihan minyak pada lauk bento. Makanan yang digoreng dengan minyak banyak ibarat karaage atau tempura, sanggup lengket atau liat dikala minyaknya tertinggal. Untuk jenis kuliner ini, Anda perlu menaruhnya di tisu dapur sebelum mengemasnya di wadah bento.

Mau Bikin Bento? Ikuti 10 Trik Penting Ini Agar Bento EnakFoto: Instagram antsbento

7. Biarkan hirau taacuh sebentar
Yang juga penting dilakukan yakni membiarkan nasi dan semua lauk bento sudah hirau taacuh dikala dikemas. Hindari membungkusnya panas-panas alasannya yakni uap yang tertinggal sanggup menciptakan kuliner busuk dan basi.

8. Buat dengan variasi warna
Kunci untuk menciptakan bento menarik selera yakni dengan menggunakan materi kuliner berwarna-warni. Putih, misalnya, didapat dari nasi. Hitam atau cokelat dari wijen, rumput laut, daging, dan lainnya. Merah dan oranye dari tomat, salmon, dan wortel. Hijau dari brokoli, sayuran daun, dan bayam. Sedangkan kuning sanggup didapat dari telur, labu, jagung, atau paprika.

Mau Bikin Bento? Ikuti 10 Trik Penting Ini Agar Bento EnakFoto: Istimewa

9. Urutan menyusun bento
Ada urutan untuk menyusun bento supaya semuanya sanggup pas dan tidak saling tumpang tindih dikala dibuka. Urutan pertama yakni nasi, kedua kuliner yang bentuknya tidak sanggup diubah, ketiga kuliner yang terdiri dari beberapa belahan atau berbentuk fleksibel, dan terakhir kuliner mungil ibarat baby tomato untuk mengisi kekosongan ruang di wadah bento.

10. Trik mencegah kuliner cepat basi
Saat trend panas, orang-orang Jepang punya trik supaya bentonya tak cepat basi. Mereka menaruh umeboshi atau acar plum ke dalam bento. Trik lain yakni dengan mengelap wadah bento dengan cuka sebelum menaruh aneka macam isiannya. Atau menaruh bento dengan ice pack untuk menjaganya tetap hirau taacuh beberapa saat.

Post a Comment

 
Top