0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Bosan dengan rasa kuliner sanggup bikin si kecil menolak makan. Dengan 5 trik ini duduk kasus tersebut sanggup teratasi.

Tak hanya menarik, kuliner anak juga harus mengandung zat gizi yang seimbang. Bukan sekedar karbohidrat akan tetapi protein serta sayur dan buah perlu tercukupi dalam satu kali makan.

Agar tak bosan dengan kuliner yang ibu masak. Yuk, coba terapkan 5 trik ini dikala sajikan sajian kuliner untuk belum dewasa di rumah.

Baca juga: Si Kecil Tak Mau Makan? Bisa Kaprikornus Karena 8 Hal Ini yang Kaprikornus Penyebabnya

1. Manfaatkan kesukaan anak

Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik IniFoto: iStock

Ibu niscaya tahu kuliner apa saja yang menjadi kesukaan si kecil. Kalau anak suka dengan ayam, Anda sanggup mengolah ayam menjadi bermacam-macam kreasi kuliner enak. Tidak selalu harus digoreng, tapi juga sanggup dikombinasikan menjadi nugget, sup atau bahkan topping pasta.

Kalau si kecil tidak suka dengan sayur, Anda sanggup menggantinya dengan aneka buah-buahan enak. Penyajiannya pun jangan hanya dipotong. Sesekali sanggup dibentuk menjadi smoothies, salad ataupun disajikan dengan tusuk sate sehingga seakan-akan dengan kebab.

Intinya, kreasikan sajian dengan materi dasar kuliner kesukaan si kecil. Dijamin ia akan lahap menikmati makanannya setiap hari.

2. Gunakan perlengkapan makan yang unik

Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik IniFoto: iStock

Peralatan makan yang unik sanggup membangkitkan semangat makan si kecil. Ajak ia menentukan sendiri wadah untuk makan kemudian susun kuliner dalam wadah dengan rapih.

Dalam pemilihan daerah makan, sebaiknya sesuaikan gambar abjad kartun kesukaannya dan pastikan daerah makan tersebut menyediakan beberapa sekat di dalamnya untuk sajikan nasi, lauk dan sup.

Dan lebih cermat dalam menentukan materi baku dari daerah makan tersebut. Pastikan kotak makan bebas BPA. Tempat makan dengan simbol HDPE, LEDPE dan PP masih kondusif digunakan.

3. Ubah bentuk makanan

Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik IniFoto: iStock

Kalau Anda arif berkreasi tentu si kecil tak akan bosan menikmati makannya. Untuk membentuk kuliner menjadi abjad yang unik tidaklah sulit. Kini Anda sanggup membeli cetakan nasi atau telur di supermarket.

Selain bentuk makanan, Anda juga sanggup memasak nasi dengan adonan beberapa warna alami. Seperti kunyit yang sanggup menciptakan warna nasi menjadi kuning, bayam menjadi hijau dan bunga telang untuk memberi warna biru pada makanan.

4. Manfaatkan sajian pengganti

Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik IniFoto: iStock

Ini yang perlu diketahui banyak ibu di rumah. Anak-anak yang tak suka makan nasi tidak salah. Karena ada banyak jenis karbohidrat yang sanggup didapatkan dari materi kuliner lain.

Kentang, mie sampai umbi-umbian sanggup jadi salah satu materi pengganti nasi. Selain itu, vitamin dan mineral tidak hanya sanggup didapatkan dari sayur saja akan tetapi ini sanggup diganti dengan buah yang kandungan gizinya mirip.

Selain terkandung dalam susu, kalsium juga sanggup didapatkan dari telur dan ikan. Ikan teri jadi salah satu jenis ikan yang tinggi kandungan kalsium.

5. Perhatikan komposisi

Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik IniFoto: iStock

Memperhatikan komposisi wajib dilakukan supaya anak tidak alami defisiensi zat gizi. Terutama dikala membawakan bekal anak ke sekolah.

Pastikan Anda juga membawakannya kudapan supaya ketika lapar sebelum memasuki waktu makan siang sanggup mengisi perut dengan kudapan sehat. Camilan ini sanggup berbentuk biskuit, buah potong atau pun susu.

Karbohidrat, protein, lemak serta serat pastikan selalu ada dalam kuliner si kecil. Membuatnya sendiri di rumah juga lebih terjamin kebersihannya daripada membeli jajanan di sekolah.

Baca juga: 12 Kreasi Makanan yang Lucu Ini Bakal Bikin si Kecil Melahap Sarapan dan Bekalnya

Post a Comment

 
Top