0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Kanker usus merupakan penyakit akses pencernaan yang serius. Penyakit ini sanggup dihindari dengan menjaga usus tetap sehat.

Kabar sedih tiba dari Ustaz Maulana yang gres saja kehilangan mendiang sang istri, Nuraliyah Ibnu Hajar, sesudah berjuang dengan kanker usus yang dideritanya.

Kanker usus sendiri terjadi alasannya adanya pertumbuhan sel asing yang memenuhi rongga usus. Biasanya gejalanya dimulai dari gangguan pencernaan, ibarat perut kembung, Buang Air Besar Berdarah (BAB), sampai sakit di bab perut.

Dilansir dari MSN (21/01), ada 6 racikan jus buah yang sanggup sehatkan usus. Jus buah ini tinggi kandungan serat sehingga baik dikonsumsi rutin.

Baca Juga: Terbukti Konsumsi Nasi Kurangi Risiko Kanker Usus


1. Jus pir
Kanker Usus Bisa Dicegah dengan Rutin Minum Jus Buah IniFoto: iStock
Buah pir mempunyai rasa yang anggun dan segar, sanggup diolah menjadi jus dan gampang untuk dibuat. Apalagi buah pir mengandung 50% serat lebih tinggi dari buah apel, dan kandungan vitamin B yang tinggi. Vitamin B sendiri sering dikaitkan sanggup menurunkan risiko kanker usus terhadap wanita.


2. Strawberry

Kanker Usus Bisa Dicegah dengan Rutin Minum Jus Buah IniFoto: iStock
Selain terkenal menjadi aneka topping camilan anggun dan minuman, rutin meminum jus buah strawberry segar juga mempunyai banyak manfaat kesehatan. Buah jenis merah umumnya mempunyai tingkat serat yang tinggi, sekaligus menambah asupan resveratrol dalam tubuh. Resveratrol dikenal sanggup membunuh sel kanker, tanpa merusak sel sehat dalam tubuh.


3. Apel

Kanker Usus Bisa Dicegah dengan Rutin Minum Jus Buah IniFoto: iStock
Buah apel sanggup menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, serta menurunkan risiko terjangkit kanker. Apel merah dikemas dengan resveratrol, yang mempunyai kegunaan untuk memperabukan lemak berlebih di perut, sekaligus membasmi sel-sel kanker. Bahkan berdasarkan sebuah studi dari World Journal of Gastroenterology, buah apel sanggup melawan jenis kanker usus yang spesifik.


4. Kiwi

Kanker Usus Bisa Dicegah dengan Rutin Minum Jus Buah IniFoto: iStock
Buah kiwi mempunyai banyak nutrisi sehat untuk tubuh. Apalagi jikalau disulap menjadi jus segar. Buah ini kaya akan serat, dan mempunyai jumlah vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk. Selain itu buah ini sanggup membantu mengurangi risiko terjangkit kanker usus, alasannya kandungan seratnya sanggup membantu membasmi basil dalam usus, yang menimbulkan tumbuhnya sel kanker.


5. Jeruk

Kanker Usus Bisa Dicegah dengan Rutin Minum Jus Buah IniFoto: iStock
Jus jeruk paling gampang ditemui di banyak sekali restoran sampai penjual kaki lima. Rasanya yang manis, asam, dan segar menciptakan jus jeruk menjadi minuman yang digemari banyak orang. Rutin meminum jus jeruk sanggup membantu mencegah pertumbuhan sel kanker usus. Para peneliti di Weill Medical Center menemukan asupan vitamin C takaran tinggi dari buah jeruk sanggup melemahkan pertumbuhan tumor kolorektal pada tikus yang diteliti.


Baca Juga: Agar Usus Tetap Sehat, Konsumsi Bahan Alami Ini Untuk Sarapan

Post a Comment

 
Top