0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Banyak cara untuk memasak dan mengolah makanan. Sayangnya, beberapa proses memasak justru mengurangi sumber nutrisi dan vitamin yang ada di dalam makanan.

Selain menentukan materi kuliner yang segar dan sehat, metode memasak juga memegang peranan yang penting biar kuliner tetap sehat. Dilansir dari Greatist (24/01), berikut metode memasak yang lebih sehat, biar kuliner si kecil tetap bernutrisi.

Baca Juga: Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik Ini


1. Rebus

5 Metode Memasak Ini Bisa Menjaga Nutrisi Makanan Anak Tetap AwetFoto: iStock
Metode memasak dengan merebus, biasanya banyak dipakai untuk mengolah sayuran. Metode memasak ini dinilai paling gampang, praktis, dan tentunya jauh lebih sehat dibandingkan menggorengnya.

Agar lebih terasa, tambahkan garam ke rebusan sayuran. Menurut dokter Abbie Gellman, banyak sayuran yang justru antioksidannya lebih tinggi sesudah dimasak. Seperti likopen yang bisa menangkal radikal bebas di tubuh. Salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk direbus, ada tomat dan wortel yang mempunyai tingkat likopen dan beta-karoten lebih tinggi sesudah di masak.


2. Kukus

5 Metode Memasak Ini Bisa Menjaga Nutrisi Makanan Anak Tetap AwetFoto: iStock
Mengukus sayuran, ayam, sampai ikan sanggup membantu mempertahankan semua vitamin dan nutrisi yang ada dalam makanan. Salah satu sayuran yang paling baik dikukus ada brokoli, saat dikukus sayuran hijau ini sanggup mencegah tumbuhnya sel kanker di badan alasannya yakni adanya kandungan glukosinolat.

Namun berdasarkan andal gizi Sara Haas, memakai metode kukus diperlukan lebih banyak bumbu dan rempah, alasannya yakni jikalau tidak rasanya akan sedikit cuek dan tidak enak. Cek tips mengukus sayuran yang enak di sini.


3. Panggang

5 Metode Memasak Ini Bisa Menjaga Nutrisi Makanan Anak Tetap AwetFoto: iStock
Untuk mendapat hasil kuliner yang yummy tanpa harus kehilangan nutrisi yang ada, metode panggang bisa jadi pilihan. Selain sayuran yang rasanya jadi lebih gurih saat dipanggang, daging ayam, sapi, sampai ikan juga yummy dipanggang dan jauh lebih sehat dari metode masak lainnya.

Akan tetapi, hindari memanggang kuliner atau daging dalam suhu yang tinggi, alasannya yakni akan memproduksi reaksi kimia antara lemak dan protein dalam daging, sehingga menjadikan racun yang sanggup merusak keseimbangan antioksidan dalam tubuh.


4. Tumis

5 Metode Memasak Ini Bisa Menjaga Nutrisi Makanan Anak Tetap AwetFoto: iStock
Meski menumis membutuhkan sedikit minyak di wajan, tapi metode memasak ini jauh lebih sehat. Penggunaan minyak, bisa diganti dengan minyak zaitun biar lebih sehat. Salah satu yang paling anggun ditumis, ada cuilan daging kecil, dan aneka sayuran.

Beberapa penelitian menemukan bahwa menumis sayuran dengan sedikit minyak zaitun, sanggup meningkatkan antioksidan yang ada di dalam makanan. Apalagi kandungan minyak zaitun yang baik untuk jantung dan lebih ramah di tubuh.


5. Panci bertekanan

5 Metode Memasak Ini Bisa Menjaga Nutrisi Makanan Anak Tetap AwetFoto: iStock
Panci bertekanan atau pressure cooker terbuat dari aluminium atau stainless steel yang tebal, dilengkapi epilog biar uap panas sanggup mematangkan kuliner dengan sempurna. Metode memasak ini dinilai cukup sehat, alasannya yakni proses masak yang cepat sehingga nutrisi dalam kuliner tidak terurai dalam proses memasak.

Baca Juga: Tak Sulit, 5 Camilan Sehat untuk Si Kecil Ini Praktis Dibuat Sendiri

Post a Comment

 
Top