0 Comment
Foto: IstockFoto: Istock

Jakarta - Kanker usus besar berkaitan bersahabat dengan teladan makan yang dijalani seseorang. Untuk mengurangi risiko penyakit mematikan ini, perhatikan asupan makanan harian.

Usus besar terhubung eksklusif dengan lambung dan susukan pencernaan. Maka salah satu cara ampuh mencegah penyakit ini yaitu dengan memperhatikan asupan makanan yang disantap.

Dilansir dari aneka macam sumber, berikut 5 makanan yang dianjurkan disantap rutin untuk mencegah kanker usus.

1. Alpukat
Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Kanker UsusFoto: Istock
Selain punya rasa yang enak, alpukat juga mengandung banyak nutrisi yang penting untuk tubuh. Alpukat mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan munculnya polip.

Jika pencernaan lancar maka resiko kanker usus bisa diminimalisir. Menurut data dari European Prospective Investigation of Cancer and Nutrition (EPIC), orang yang kekurangan serat mempunyai resiko terkena kanker usus setidaknya sampai 40 persen.

Baca juga : Cegah Kanker Payudara dengan Konsumsi 7 Makanan Enak Alami Ini

2. Yoghurt
Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Kanker UsusFoto: Istock

Sumber probiotik juga bisa jadi salah satu asupan yang merangsang kesehatan usus. Kandungan kuman baik di dalam yoghurt bermanfaat menjaga tumbuhan dalam usus biar tetap sehat dan seimbang.

Selain yoghurt, susu juga mempunyai khasiat yang sama. Orang yang mengonsumsi segelas susu dalam sehari tercatat bisa menurunkan resiko kanker usus sampai 15 persen.

3. Kunyit
Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Kanker UsusFoto: Istock

Bumbu dapur berwarna kuning ini dikenal mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Kunyit juga terbilang bisa mencegah datangnya duduk perkara pencernaan sampai tanda-tanda kanker usus.

Pigmen kuning pada kunyit yang berjulukan curcumin dianggap sebagai obat anti kanker. Curcumin juga bersifat anti inflamasi yang sanggup meredakan peradangan dan berkontribusi mengurangi pertumbuhan sel tumor.

4. Ikan
Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Kanker UsusFoto: Istock

Mengonsumsi 300 gram daging ikan dalam seminggu sanggup menurunkan resiko kanker usus sebesar 30 persen. Pilih ikan yang mengandung lemak manis menyerupai salmon dan makarel.

Kandungan omega-3 pada beberapa jenis ikan juga membantu mengurangi peradangan dalam usus. Makara bisa dikatakan, ikan yaitu pilihan makanan yang lebih baik dibandingkan daging.

Baca juga : Makanan Apa yang Terbaik untuk Penderita Kanker?

5. Teh hitam dan teh hijau
Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Kanker UsusFoto: Istock

Selain menawarkan efek rileks, teh hijau dan teh hitam juga mengandung senyawa yang menonaktifkan sel penyebab kanker. Senyawa ini juga menghalangi tumbuhnya sel kanker biar tak menyebar.

Mengonsumsi dua cangkir teh setiap hari bisa menurunkan sampai 30 persen resiko kanker usus. Selain itu teh hijau dan teh hitam sama-sama mengandung antioksida yang disebut catechin yang terbukti bisa melawan radikal bebas penyebab kanker.

Post a Comment

 
Top