0 Comment
Foto: DetikfoodFoto: Detikfood

Jakarta - Sedang berdiet tak perlu konsumsi makanan mahal dan import. Di Indonesia ternyata ada banyak kudapan yummy yang murah meriah dan rendah kalori.

Zaman dulu, orang renta kita masih banyak yang ngemil bermacam-macam menu rebusan enak. Bahkan hingga sekarang masih ada beberapa penjual jajanan rebusan yang tersebar di wilayah Jakarta. Ia menjual ubi rebus, singkong rebus, jagung rebus hingga kacang-kacangan rebus.

Dibandingkan dengan ngemil gorengan lebih baik pilih aneka rebusan yang nikmat. Beberapa kudapan bodoh ini dapat dinikmati sebagai pengganti gorengan biar badan tetap langsing dan sehat.

Baca juga: 6 Kudapan Enak untuk Pelengkap Minuman Hangat

1. Ubi rebus

5 Camilan Rebusan 'Ndeso' yang Jadul Tapi Rendah KaloriFoto: ilustrasi/thinkstock

Ubi kuning dan ungu mempunyai rasa anggun alami dan juga tinggi akan serat. Kalau mau langsing sebaiknya olah ubi dengan cara direbus. Mengonsumsi ubi dapat menciptakan Anda merasa kenyang lebih usang sehingga tak mengasup kalori secara berlebihan. Satu menu ubi anggun (satu cangkir) mengandung 90-100 kalori. Jumlah kalorinya jauh lebih rendah ketimbang kentang ukuran sedang yang dapat mencapai 300-400 kalori per sajian. Sedangkan 100 gram ubi jalar mengandung 100 Kkal.

2. Singkong rebus

5 Camilan Rebusan 'Ndeso' yang Jadul Tapi Rendah KaloriFoto: iStock

Singkong yang direbus memang terkadang kurang menarik selera. Jenis karbohidrat yang mengenyangkan dan tinggi serat ini bebas gluten sehingga lebih kondusif untuk semua kalangan. Agar rasanya lebih enak, sebaiknya rebus singkong dengan aksesori bumbu atau garam. Selain itu dapat juga dibentuk dengan cara dikukus dan dinikmati bersama dengan kopi dan teh hangat. Slurp!

Untuk 100 gram singkong rebus mengandung kalori sebesar 153 Kkal.

3. Jagung rebus

5 Camilan Rebusan 'Ndeso' yang Jadul Tapi Rendah KaloriFoto: iStock

Bukan dibakar, jagung anggun juga yummy direbus. Disantap hangat-hangat jagung rebus dapat jadi pilihan sarapan pengganti nasi yang tinggi serat. 100 gram jagung rebus mengandung kalori sebanyak 35 Kkal. Untuk menikmatinya cukup memotong jagung menjadi dua atau tiga bab dan merebusnya hingga matang. Nikmati dengan paduan sayur bayam atau segelas susu untuk sarapan.

4. Kacang tanah rebus

5 Camilan Rebusan 'Ndeso' yang Jadul Tapi Rendah KaloriFoto: iStock

Tekstur yang renyah dengan rasa gurih menciptakan kacang tanah jadi kudapan yummy dan menyehatkan. Daripada digoreng, lebih baik pilih kacang tanah rebus atau sangrai. Karena keduanya tidak dimasak dengan aksesori minyak sehingga lebih rendah kalori. Rajin ngemil kacang tanah dapat membantu turunkan kolesterol hingga mengontrol gula darah.

Dalam 100 gram kacang tanah mengandung kalori sebanyak 220 Kkal.

5. Kacang kedelai rebus

5 Camilan Rebusan 'Ndeso' yang Jadul Tapi Rendah KaloriFoto: iStock

Selain kacang tanah, banyak juga orang yang menyukai kacang kedelai rebus. Dalam 100 gram kacang kedelai rebus mengandung kalori sebanyak 286 Kkal. Enak dijadikan kudapan ketika nonton TV tanpa takut bobot bertambah.

Baca juga: Tanpa Nasi, 7 Umbi Ini Rendah Kalori Bisa Bikin Kenyang

Post a Comment

 
Top