0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Rasa ketagihan usai makan cokelat atau keju ternyata sanggup dijelaskan secara ilmiah. Ada senyawa yang bikin kau tak sanggup berhenti menyantapnya.

Beberapa masakan bersifat melepaskan dopamin di otak sehingga sanggup munculkan cita-cita memakannya lagi dan lagi. Biasanya masakan itu mengandung gula, garam, atau lemak yang tinggi. Reader's Digest (17/1) mengungkapnya menyerupai berikut.

Kenapa Ya Makan Cokelat, Keju, dan Es Krim Bisa Bikin Ketagihan?Foto: Istock

1. Cokelat
Banyak orang mengalami hal sama yaitu tak sanggup berhenti ngemil cokelat. Tak heran cokelat disebut-sebut sebagai masakan paling bikin ketagihan di dunia. Rupanya ada alasan ilmiah kenapa cokelat sangat disukai. Penelitian di Drexel University tahun 2011 mengungkap cokelat menghadirkan rasa nikmat yang sama di otak menyerupai ketika seseorang minum minuman alkohol atau memakai beberapa jenis narkoba.

Cokelat juga memuaskan selera sehingga menstimulasi produksi oksitosin yang merupakan hormon bahagia. "Seiring waktu, otak kita mulai mencari asupan dopamin. Setiap kali kita makan cokelat, hal itu semakin kuat," kata penulis Beating Sugar Addiction for Dummies, Dan DeFigio.

2. Keju
Seperti halnya cokelat, makan keju juga munculkan kepuasan tersendiri. Olahan susu yang tinggi lemak dan kolesterol ini ternyata mengandung casomorphin, zat yang berkaitan dengan reseptor opioid atau perasanyaan nyaman di otak.

"Casomorphin melekat pada neurotransmitter di otak kita dan melepaskan dopamin, materi kimia yang memunculkan perasaan nyaman atau enak, yang sering menciptakan kita menginginkan lebih," kata Neal Barnard selaku penulis The Cheese Trap. Menurutnya konsumsi keju memang mempunyai manfaat kesehatan, namun di sisi lain sanggup menciptakan kencanduan serius.

Baca Juga: Makan Keju Ternyata Bisa Bikin Ketagihan Seperti Konsumsi Heroin

Kenapa Ya Makan Cokelat, Keju, dan Es Krim Bisa Bikin Ketagihan?Foto: Istimewa

3. Keripik kentang
Pada keripik kentang tak ada senyawa khusus yang menciptakan seseorang sanggup kecanduan, tetapi banyak orang tak sanggup berhenti memakannya. Keripik kentang ternyata mengandung karbohidrat. Ahli gizi Celina Jean mengungkap kaitan antara karbohidrat dengan ketagihan seseorang akan keripik lezat ini.

"Karbohidrat sederhana dipandang adiktif sebab mengakibatkan pelepasan glukosa dengan cepat sehingga meningkatkan energi seseorang dengan cepat pula," kata Jean. Energi tersebut kemudian cepat habis dan seseorang 'dipaksa' menyantap lagi masakan lain yang mengandung karbohidrat sederhana untuk menjaga gula darah tetap naik. Hal inilah yang mengakibatkan keripik kentang selalu bikin Anda ketagihan.

4. Minuman soda
Tinggi gula, minuman soda tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sayangnya banyak orang selalu termakan dengan rasa bagus dan sensasi menyegarkan usai menenggak minuman bersoda.

"Seperti dessert manis, soda sanggup menstimulasi pelepasan dopamin. Tambahkan kafein dan Anda akan menerima pasokan energi dua kali lipat. "Setelah Anda terpikat kafein, Anda sanggup mengalami pengaruh samping ketika mencoba menghindarinya. Mulai dari lesu, sakit kepala, dan tekanan emosional," kata Mashru,

Kenapa Ya Makan Cokelat, Keju, dan Es Krim Bisa Bikin Ketagihan?Foto: Istimewa

5. Es krim
Ngidam es krim selalu muncul sebab dessert ini rasanya bagus dan teksturnya creamy. Disamping itu, para peneliti sepakat masakan berbasis krim dan susu menyerupai es krim, sanggup menstimulasi otak sama menyerupai narkoba.

"Efek tinggi dan rendahnya gula yang Anda alami yaitu hal konsisten dari ketergantungan gula. Ketika badan Anda terbiasa makan gula, Anda akan merasa pengaruh samping ketika coba mengurangi konsumsinya. Hal ini kemudian berakhir menciptakan Anda mengonsumsi masakan tinggi gula lebih banyak," terperinci mahir gizi Keri Glassman.

Baca Juga: Terungkap! Inilah 10 Makanan yang Paling Bikin Ketagihan!

Post a Comment

 
Top