0 Comment
Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Selain sayur besan dan gabus pucung, Betawi punya makanan khas yaitu nasi goreng daun mengkudu. Penggunaan daun mengkudu menciptakan nasi goreng ini makin nikmat dan kaya khasiat.

Menyebut makanan Betawi, belum banyak orang tahu wacana nasi goreng daun mengkudu. Sesuai namanya, nasi goreng ini diracik dengan materi utama irisan daun mengkudu. Sayangnya sajian ini tak sepopuler makanan Betawi lain menyerupai sayur besan, gabus pucung atau pun pecak bandeng.

Nasi Goreng Daun Mengkudu, Kuliner Betawi yang Nikmat dan Kaya KhasiatFoto: dok. detikFood

Mengetahui hal ini, Ibu Koche Komariah ingin mengangkat makanan nasi goreng daun mengkudu. Ia rutin memasaknya untuk mengenalkan orang-orang pada makanan khas Betawi ini. "Saya mau mengangkat daun mengkudu, kan belum banyak orang tahu bila daun mengkudu itu dapat diolah jadi nasi goreng. Saya ingin memperkenalkan nasi goreng daun mengkudu," kata Ibu Koche pada detikFood (16/1) di rumahnya di daerah Pakujaya, Serpong Utara.

Wanita yang juga dekat disapa Mpok Koche ini memang menjual nasi goreng daun mengkudu pada teman dan kerabatnya. Diakui Ibu Koche, awalnya mereka ragu makan nasi goreng ini alasannya ialah daun mengkudu dianggap wangi langu dan terasa pahit. "Anak saya juga tadinya nggak suka, cuma dari wanginya ia tertarik. Eh kini jadi ketagihan," lanjutnya.

Nasi Goreng Daun Mengkudu, Kuliner Betawi yang Nikmat dan Kaya KhasiatFoto: dok. detikFood

Tak menyerupai resep biasa, nasi goreng daun mengkudu tidak menggunakan kecap. Bahan utamanya ialah kunyit, kencur, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan terasi. Untuk daun mengkudu, Ibu Koche memetiknya pribadi dari pohon sendiri. Ia menjelaskan, "Yang kita petik itu daun muda atau pucuk. Setelah itu dicuci, iris-iris kecil, dan siapin bumbu-bumbu lainnya."

Untuk membuatnya, kunyit dan kencur dihaluskan sementara bumbu lain dipotong garang saja. Wanita ramah ini melanjutkan, "Setelah tumis bumbunya hingga wangi, gres masukkin daun yang sudah diris-iris. Masak hingga daunnya layu. Setelah itu, masukkin nasi. Aduk hingga aroma wanginya keluar."

Nasi Goreng Daun Mengkudu, Kuliner Betawi yang Nikmat dan Kaya KhasiatFoto: dok. detikFood

Pemakaian daun mengkudu muda rupanya tak menghadirkan aroma langu. Tak tercecap juga rasa pahit dari daun ini, melainkan hanya rasa daun yang aromatik. "Banyak teman saya yang pesan untuk program pengajian atau arisan. Alhamdulillah mereka suka. Yang tadinya mau coba aja, jadi ketagihan eh pesan lagi," kata Ibu Koche.

Ia sebetulnya sangat ingin membuka rumah makan yang fokus memperlihatkan nasi goreng daun mengkudu. Hanya saja, Ibu Koche khawatir tak dapat menjamin ketersediaan daun mengkudu mengingat ia hanya menggunakan daun dari pohon yang ditanamnya.

Nasi Goreng Daun Mengkudu, Kuliner Betawi yang Nikmat dan Kaya KhasiatFoto: dok. detikFood

"Pohonnya kan kecil, kadang saya suka kehabisan bahannya aja alasannya ialah daunnya diambil dari pohon sendiri. Daunnya itu susah. Untungnya kini isu terkini hujan, jadi cepat tumbuh pucuknya," dongeng Ibu Koche.

Selain enak, Ibu Koche yakin konsumsi daun mengkudu dapat bermanfaat bagi kesehatan. "Manfaat kesehatan daun mengkudu itu untuk hipertensi, kesehatan kulit, dan masih banyak lainnya," pungkas perempuan 42 tahun ini.


Post a Comment

 
Top