0 Comment
Foto: Instagram seeisallFoto: Instagram seeisall

Jakarta - Banyak yang belum tahu asal undangan bir pletok. Selain tidak mengandung alkohol, minuman tradisional ini ternyata punya banyak manfaat.

Bir pletok jadi salah satu minuman tradisional khas Betawi yang punya bermacam-macam manfaat. Meski menyandang kata 'bir', bir pletok tidak mengandung alkohol.

Bir pletok justru terbuat dari lada, jahe, dan kulit kayu secang. Kulit kayu secang inilah yang menciptakan bir pletok berwarna merah. Minuman ini awalnya diracik karena dahulu banyak orang Betawi yang melihat kebiasaan warga Belanda di Indonesia. Warga Belanda selalu mengonsumsi wine di dalam sebuah perayaan.

Tak Bikin Mabuk, Ini Asal Usul Bir Pletok yang Kaya ManfaatFoto: Instagram vsamperuru
Baca juga: Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami Ini

Karena itu, orang Betawi juga ingin mengonsumsi minuman serupa ketika ada perayaan khusus. Tapi sebab minuman beralkohol masuk kategori minuman yang tidak boleh agama, orang Betawi menciptakan 'wine' dari racikan rempah-rempah di atas.

Kata 'pletok' sendiri diambil dari suara 'pletok' ketika orang Belanda membuka tutup botol wine. Penggabungan kata bir dan pletok menjadi nama dari racikan minuman herbal tersebut.

Tak Bikin Mabuk, Ini Asal Usul Bir Pletok yang Kaya ManfaatFoto: Instagram seeisall
Namun ada pula yang percaya kalau kata 'bir' di bir pletok berasal dari kata bi'run yang artinya abyar atau sumber mata air. Sedangkan kata 'pletok' artinya ada tiga yakni, dibentuk dari bambu, ditaruh diteko dan dikocok sehingga berbunyi pletok.

Terlepas dari perbedaan pandangan asal usulnya, bir pletok punya banyak khasiat. Beberapa diantaranya, memperlancar peredaran darah, mengatasi nyeri lambung, memulihkan radang sendi mengobati migran sampai menghangatkan badan.

Tak Bikin Mabuk, Ini Asal Usul Bir Pletok yang Kaya ManfaatFoto: Instagram angraini
Dikutip dari banyak sekali sumber, bir pletok juga kondusif dikonsumsi oleh bawah umur sampai orang dewasa. Penyajian bir pletok juga dapat diubahsuaikan dengan selera.

Bisa disajikan hangat ataupun dingin. Rasanya terbilang unik ada manis, hangat dan sedikit pedas tapi aromanya semerbak wangi.

Saat ini, bir pletok sering juga disebut bir Jawa dan masih jadi minuman favorit. Minuman ini juga terkenal di wilayah Bogor.

Baca juga: Jamu, Paduan Rempah Nikmat dan Kaya Khasiat Asli Indonesia

Post a Comment

 
Top