0 Comment
Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Gulma tumbuhan ternyata tak selalu menyebalkan. Gonda misalnya, tumbuhan yang dapat diolah jadi kuliner enak. Di Bali biasa disajikan dengan sambal plecing.

Tanaman ini dikenal dengan sebutan gondo di Bali, sementara di Jawa Tengah biasa disebut gundo dan di Jawa Barat terkenal dengan nama gunda. Para petani biasanya agak kesal ketika tumbuhan ini tumbuh di sawahnya alasannya yaitu menciptakan pertumbuhan tumbuhan padi terganggu.

Nikmatnya Gonda, Gulma Padi yang Biasa Diolah Kaprikornus Plecing Bali Foto: Istimewa

Baca juga : Daun Pegagan, Tanaman Liar yang Beri 5 Manfaat Kesehatan

Namun di tangan para ibu, tumbuhan ini justru dapat jadi santapan lezat. Sekilas tumbuhan ini persis ibarat kangkung, kawasan tumbuhnya juga di sawah atau rawa yang tergenang air.

Di Bali gonda jadi sayuran favorit. Rasanya yang enak menciptakan sayuran ini sering diolah jadi masakan. Salah satu yang favorit yaitu disajikan dengan sambal plecing yang pedas nendang.

Tak hanya di Bali, di Jawa gonda juga terkenal jadi materi adonan pecel. Bahkan masyarakat juga kerap mengolahnya dengan hanya dikukus kemudian disantap dengan sambal.
Nikmatnya Gonda, Gulma Padi yang Biasa Diolah Kaprikornus Plecing Bali Foto: Istimewa

Baca juga : Tak Kalah dengan Salad, Krenyes Segar Sayuran Pecel Juga Kaya Nutrisi

Karena mempunyai nilai jual yang cukup menjanjikan, bahkan ada petani yang sengaja membuka lahan untuk ditanami pohon gonda.

Tak hanya enak, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2013 lalu, gonda mengandung banyak nutrisi mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, kalsim dan pastinya tinggi klorofil. Dengan nutrisi ini gonda berpotensi menjadi kuliner alternatif yang sehat dan enak.

Post a Comment

 
Top