0 Comment
Foto: Instagram @vonwongFoto: Instagram @vonwong

Jakarta - Limbah sedotan plastik terus bertambah dan merusak lingkungan. Sehingga seorang seniman tetapkan untuk menciptakan karya seni indah dari sedotan bekas.

Benjamin Von Wong merupakan salah satu seniman yang kini menarik perhatian banyak orang, melalui karya seninya berjulukan 'The Parting of the Plastic Sea'. Sesuai namanya, instalasi seni ini dibentuk dari limbah sedotan, dengan tujuan semoga orang-orang lebih perduli dengan lingkungan dari dampak sedotan plastik.

Baca Juga: Minum Pakai Sedotan Plastik Bisa Bahayakan Kesehatan, Ini Sebabnya
Keren! Seniman Ini Buat Karya Seni dari Ribuan Sedotan Bekas Foto: Instagram @vonwong
Seniman keturunan Asia dan Kanada ini, memang mempunyai fokus utama untuk mengatasi dilema sedotan plastik yang semakin besar. Dia percaya bahwa orang-orang sekiranya masih sanggup melaksanakan sesuatu untuk melestarikan lingkungan, salah satunya dengan mengurangi penggunaan sedotan plastik.

"Sedotan sangat sulit untuk di daur ulang, alasannya yakni sedotan ini sangat ringan dan kecil. Sedotan juga produk yang sanggup kita tolak di bar, kafe, sampai restoran," tutur Wong dilansir dari Next Shark (29/01).

"Misi aku yakni untuk mengambil sedotan ini, dikumpulkan, dicuci, kemudian disusun menjadi satu benda yang sanggup di daur ulang, dan juga sanggup menjadi perbincangan. Inilah yang sedang aku buat sekarang," lanjut Wong mengenai instalasi seninya ini.
Keren! Seniman Ini Buat Karya Seni dari Ribuan Sedotan Bekas Foto: Instagram @vonwong
Dengan pertolongan dari organisasi Zero Waste Saigon, ribuan relawan membantu Wong untuk mewujudkan pekan raya seni pertamanya di Vietnam dalam waktu enam bulan. Sekiranya ada 168.000 sedotan yang dikumpulkan, dibersihkan, dan dibentuk menjadi struktur benda untuk pekan raya seni.

"Setelah berminggu-minggu penuh kerja keras, kami semakin beruntung. Starbucks Vietnam mendengar perihal gerakan ini, dan mereka menyumbangkan sedotan plastik yang ada di kawasan sampah di seluruh Starbucks yang berada di kota Ho Chi Minh," ungkap Wong.

Karya seninya sendiri terdiri dari bulat ombak besar, dengan sosok figur seorang laki-laki yang tengah membelah lautan plastik itu dengan aksen dan warna yang menarik, sekaligus dramatis.

Intalasi seni ini bangkit megah setinggi 3,3 meter, yang semua bagiannya terbuat dari sedotan plastik bekas.
Keren! Seniman Ini Buat Karya Seni dari Ribuan Sedotan Bekas Foto: Instagram @vonwong
Megah dan uniknya karya seni milik Wong, berhasil menarik musim pengunjung yang meramaikannya dengan tagar #strawpocalypse di media sosial.

"Meski instalasi seni ini terbuat dari sedotan, tapi ini tidak hanya sedotan biasa. Ini merupakan langkah awal untuk mulai memperhatikan epidemi limbah plastik, yang mengancam lautan," pungkas Wong.

Instalasi seni ini dipamerkan di Estella Place, di Ho Chi Minh sampai tanggal 24 Maret nanti.

Baca Juga: Ini Alasan Sebaiknya Anda Berhenti Minum dengan Sedotan Plastik

Post a Comment

 
Top