0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Penggunaan pewarna sintetis sanggup mempengaruhi kesehatan tubuh. Sama-sama hasilkan warna yang cantik, 5 materi ini sanggup diolah dengan kuliner enak.

Makanan yang pucat tentu akan menghilangkan selera. Tapi dengan proteksi sedikit sentuhan warna, tentu pandangan Anda akan selalu ingin mencicipnya. Sudah ada semenjak dulu, banyak orang yang memanfaatkan sayur, buah hingga bunga untuk adonan kuliner dan juga minuman. Apa saja ya?

1. Bunga telang

Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami IniFoto: iStock

Untuk mendapat warna ungu dan biru banyak orang yang memanfaatkan bunga telang. Bunga telang yang diseduh dengan air akan menghasilkan warna biru dan rasa yang unik. Warna biru ini mengandung banyak antioksidan. Warna ungu dan biru merupakan antioksidan yang berasal dari golongan antosianin.

Bunga telang ini banyak tumbuh dipekarangan bunganya berwarna biru terang. Di Asia Tenggara sering dimanfaatkan untuk pewarna makanan. Sedangkan ekstrak bunganya sering digunakan untuk mewarnai ketan di Malaysia. Kalau di Thailand, air berwarna biru pada flora ini digunakan untuk minuman penyegar dan dikenal sebagai nama dok anchan.

Baca juga: Diseduh dari Bunga Telang, Minuman Teh Ini Warnanya Biru Ungu!

2. Daun suji

Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami IniFoto: Istimewa

Sebenarnya daun suji dan daun pandan ini berbeda. Sama-sama menghasilkan warna hijau namun daun suji warnanya lebih pekat ketimbang dengan daun pandan. Daun suji lebih sering digunakan untuk pewarna dan daun pandan sebagai aroma.

Daun suji biasanya digunakan untuk mengolah beberapa jenis camilan manis lembap menyerupai klepon hngga pisang ijo. Apapun yang sifatnya rasa manis atau dessert selalu memakai daun suji sebagai pewarnanya.

3. Kunyit

Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami IniFoto: Istimewa

Kunyit mempunyai warna kuning cerah yang sanggup menciptakan kuliner terlihat cantik. Cukup aduk kunyit ke dalam air dan didihkan hingga warna yang diinginkan. Kemudian, saring air rebusan tersebut biar menghasilkan warna yang lebih terperinci untuk dicampurkan dalam buttercream. Anda juga sanggup memakai abu kunyit untuk menambahkan warna pada nasi, mie, kue, puding atau krim.

Baca juga:Gunakan Bit, Kunyit, dan Bayam untuk Pewarna Alami yang Lebih Sehat (1)

4. Bit

Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami IniFoto: iStock

Buah bit mempunyai varian warna yang berbeda, dari warna merah dan merah keunguan. Gunakan bit merah untuk puding atau cake red velvet dan camilan manis bolu untuk warna merah marun hingga merah muda. Menghasilkan warna yang cantik, akan tetapi bit ini sanggup meninggalkan aroma yang kurang sedap menyerupai tanah.

Namun jikalau benar cara mengolahnya dan sempurna jumlahnya tentu akan menghasilkan produk yang bagus. Buah bit sering digunakan dalam adonan mie kering ataupun basah.

5. Wortel

Tampilan Makanan Lebih Cantik dengan 5 Bahan Alami IniFoto: iStock

Anda sanggup memakai bab atas wortel untuk mendapat warna oranye yang terang. Gunakan warna alami dari wortel untuk cupcake, omelet atau puding. Selain menyehatkan, wortel juga mengandung banyak vitamin dan juga antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mendapat warna cerah dari wortel, Anda sanggup menghaluskan wortel atau memarutnya dan menyaring sarinya. Kemudian campurkan ke dalam adonan atau kuliner yang diinginkan.

Post a Comment

 
Top