0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Ada banyak cara turunkan berat badan. Yang terbaru peneliti menyebut makan sedikit tanah liat juga bisa membantu susutnya berat badan. Tertarik coba?

Para peneliti di Universitas Australia Selatan mengklaim telah menemukan jenis tanah tertentu, yang jikalau dikonsumsi bersamaan dengan sajian makan malam bisa bantu serap lemak dari usus. Hal ini berujung pada berkurangnya berat badan.

Dikutip dari Oddity Central (17/1), penelitian ini dilatarbelakangi perjuangan peneliti untuk mengatasi problem obesitas yang kian memburuk. Tim peneliti yang dipimpin kandidat PhD, Tahnee Dening menginvestigasi salah satu material tanah punya manfaat super tersebut.

Peneliti Temukan Konsumsi Tanah Liat Bisa Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Baca Juga: Mau Coba Diet Makan Tanah Liat a la Shailene Woodley?

"Sungguh menakjubkan. Saya meneliti kapasitas material tanah spesifik untuk meningkatkan perembesan obat, kemudian saya perhatikan ada partikel tanah yang tidak bertindak ibarat diharapkan. Material tanah liat ini justru menarik tetesan lemak dan benar-benar menyerapnya," kata Dening.

Ia melanjutkan material tanah yang dimaksud juga bisa mencegah lemak terserap tubuh dengan cara memastikan lemak melewati sistem pencernaan. "Perilaku unik inilah yang segera memberi tanda bahwa kita bisa melaksanakan sesuatu yang signifikan," ujar peneliti Australia itu.

Dalam penelitian Dening dan rekannya, mereka melihat imbas montmorillonit adalah sebuah material tanah liat alami yang dimurnikan dari kotoran dan laponit. Penelitian kemudian dilakukan pada sejumlah tikus. Hasilnya, konsumsi tanah liat lebih efektif menurunkan berat tubuh pada tikus dibanding obat penurun berat tubuh populer, orlistat.

Peneliti Temukan Konsumsi Tanah Liat Bisa Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Dening bahkan menyoroti konsumsi tanah liat tidak sebabkan imbas samping bagi tikus. Sementara konsumsi obat orlistat justru mengakibatkan imbas ibarat nyeri perut, kembung, dan diare.

Para peneliti sekarang sedang bekerja pada pendekatan sinergis, memakai tanah liat dan orlistat. Paduan keduanya dibutuhkan bisa berhasil dimana orlistat bisa menghambat enzim yang mencerna molekul lemak, sementara tanah liat memerangkap lemak sampai melewati sistem pencernaan.

Soal konsumsi tanah, sebetulnya insan telah mengonsumsinya selama ribuan tahun. Diharapkan temuan terbaru para peneliti ini bisa segera diuji klinis sampai menjadi solusi untuk menekan angka obesitas.

Baca Juga: Cara Gampang Turunkan Berat Badan, Pikirkan Hal Ini Saat Masak!

Post a Comment

 
Top