0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Di masa pertumbuhan belum dewasa tak boleh lewatkan sarapan. Bukan sembarang sarapan, masakan yang dipilih juga harus sehat.

Telur menjadi salah satu materi masakan yang gampang didapatkan dan mengandung zat gizi yang tinggi. Cara mengolahnya juga sangat praktis. Sehingga tak ada salahnya jika si kecil menikmati sarapan lezat dengan materi dasar telur.

Menikmati telur juga sanggup menawarkan energi yang diharapkan si kecil untuk tingkatkan konsentrasi. Berikut ini 5 manfaat yang sanggup si kecil dapatkan dari rajin konsumsi telur.

1. Otak yang sehat

Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan SehatFoto: iStock

Penelitian telah memperlihatkan bahwa perempuan hamil dan menyusui yang konsumsi telur sanggup memenuhi kebutuhan kolin anak. Kolin yang terkandung dalam telur sanggup membantu optimalkan fungsi otak untuk memudahkan si kecil fokus berguru dan tingkatkan memori.

Wanita hamil lebih memerlikan kolin. Salah satu penelitian University of Toronto memperlihatkan bahwa 87 persen dari perempuan tersebut masih mengonsumsi kurang dari jumlah yang disarankan.

Selain ibu hamil, belum dewasa juga membutuhkan kolin dan DHA serta asam lemak omega 3. Keduanya merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan otak. Baik kolin dan DHA terdapat pada kuning telur.

Sebuah studi gres dari Washington University memperlihatkan bahwa memberi anak satu butir telur per hari selama 6 bulan sanggup secara signifikan meningkatkan fungsi otak.

Baca juga: Konsumsi Telur Satu Butir Per Hari Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas!

2. Pertumbuhan yang sehat

Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan SehatFoto: iStock

Dua penelitian telah memperlihatkan tugas yang didapat dari telur untuk mengatur dan mempertahankan berat tubuh anak. Satu studi menemukan bahwa belum dewasa yang sarapan berbasis telur akan mengonsumsi makan siang dengan kalori yang lebih rendah.

Studi lain menemukan bahwa rasa lapar berkurang secara keseluruhan saat belum dewasa menikmati sarapan berbasis telur. Hal ini dikarenakan telur mengandung protein yang tinggi. Sarapan sanggup meningkatkan kepenuhan belum dewasa sebesar 32 persen, mengurangi rasa lapar sebesar 14 persen dan cita-cita untuk makan sebesar 30 persen dibandingkan dengan makananyang mengandung tinggi karbohidrat.

3. Bebas gula dan lemak seimbang

Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan SehatFoto: iStock

Banyak belum dewasa yang gemar konsumsi gula dalam makanannya. Telur menjadi masakan sehat yang bebas gula namun tinggi akan vitamin dan nutrisi. Selain itu telur juga mengandung lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang. Telur sanggup menawarkan rasa kenyang lebih usang sehingga mencegah obesitas.

4. Kandungan nutrisi yang lengkap

Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan SehatFoto: iStock

Telur sanggup dikatakan mempunyai kandungan gizi yang lengkap. Telur merupakan sumber zat besi yang sangat baik dan merupakan sumber protein, lemak, vitamin A,D,E dan B12 sampai kolin. Rutin mengonsumsi telur, belum dewasa pun sanggup tumbuh cerdas, sehat dan kuat.

5. Olahan telur untuk sarapan

Kalau Rajin Sarapan Telur, Si Kecil Bisa Lebih Pintar dan SehatFoto: iStock

Sarapan sebelum si kecil berangkat ke sekolah memang tak perlu repot. Telur menjadi salah satu pilihan materi masakan yang gampang diolah. Telur sanggup dinikmati dengan roti atau pun nasi. Bisa juga diolah menjadi gabungan nasi goreng sampai dibentuk omelet dengan gabungan belahan sayuran. Lengkapi nutrisi si kecil dengan menikmati segelas susu.

Baca juga: Anak Perlu Makan Telur Tiap Hari Karena 10 Khasiat Sehatnya

Post a Comment

 
Top