0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Banyak orang salah kaprah membiarkan diri kelaparan ketika berdiet. Padahal jika mau turunkan berat badan, langkah itu justru tak efektif.

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Salah satu yang banyak dilakukan orang ialah menciptakan diri kelaparan alasannya ialah jarang makan atau pun makan dalam jumlah sangat sedikit.

Langkah tersebut dinilai kurang sempurna oleh para personal trainer (pelatih olahraga pribadi) top. Alasannya ketika seseorang merasa sangat lapar, justru besar kemungkinan ia akan melahap makanan yang kurang sehat.

Jangan Biarkan Diri Kelaparan Kalau Ingin Berat Badan TurunFoto: iStock

Baca Juga: Cegah Rasa Lapar Berlebih dengan Lahap 10 Makanan Enak Ini

"Rasa lapar harus dihindari dengan cara apa pun alasannya ialah itu berarti Anda berada di dasar kemerosotan dan secara emosional Anda mungkin di luar kendali wacana apa yang akan Anda masukkan ke dalam verbal selanjutnya," kata Rich Tidmarsh dari Reach Fitness London kepada This Is Insider (8/1).

Tidmarsh yakin bahkan seseorang yang sangat patuh pun dapat kalap makan ketika benar-benar lapar. Hal ini dipicu kadar gula darah yang menurun drastis.

Jangan Biarkan Diri Kelaparan Kalau Ingin Berat Badan TurunFoto: iStock

"Mereka makan sajian selanjutnya, dan bagi banyak orang hal ini berakhir pada pilihan makanan ringan tak sehat," lanjut Tidmarsh. Sebagai contoh, seseorang yang pulang kerja dalam keadaan lapar akan ngemil keripik kentang sebelum waktu makan malam tiba.

Tidmarsh melanjutkan, "Orang-orang ibarat mereka belum mengatur asupan makanan dan rasa lapar dengan benar. Akhirnya ada pemanis asupan 200-400 kalori sebelum mereka santap malam."

Menurutnya jika mau turunkan berat tubuh dengan sehat, Anda harus mengurangi asupan 200-250 kalori saja per hari. Jika hal ini rutin dilakukan, berat tubuh Anda dapat turun hampir 1 Kg di final minggu.

Jangan Biarkan Diri Kelaparan Kalau Ingin Berat Badan TurunFoto: iStock

Pada dasarnya, rasa lapar ialah tanda dari tubuh bahwa Anda perlu makan. Yang jadi masalah, Anda tetap makan sekali pun dalam keadaan tidak lapar.

Meski begitu, seorang penasihat gizi berjulukan Hannah Bright memberi sedikit pandangan berbeda. Menurutnya tak mengapa mengabaikan sedikit rasa lapar ketika sedang turunkan berat badan.

"Jika Anda coba mengurangi lemak, Anda harus ada dalam kondisi defisit kalori. Ini berarti, Anda makan lebih sedikit kalori dibanding yang Anda bakar tiap harinya. Karenanya mungkin muncul rasa lapar. Kondisi ini ialah yang dibutuhkan dan normal," pungkas Hannah.

Baca Juga: Mau Berat Badan Cepat Turun? Ini 5 Tips Praktisnya

Post a Comment

 
Top