0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Indonesia punya minuman sehat yang sudah tersohor, jamu. Racikannya sangat banyak dengan sejuta manfaat kesehatan. Yuk, minum jamu!

Kalau ada yang menanyakan minuman tradisional orisinil Indonesia, jamu-lah jawabannya. Sejarah jamu konon dimulai dari zaman Kerajaan Mataram sekitar tahun 1300. Sumber lain menyebut jamu bahkan sudah ada di masa kerajaan Hindu-Budha yaitu tahun 722 Masehi.

GoodNews From Indonesia (17/1) menulis kata "jamu" berasal dari dua kata bahasa Jawa kuno yaitu "Djampi" dan "Oesodo." Djampi berarti penyembuhan menggunakan rambuan obat dan doa, sedangkan Oesodo berarti kesehatan. Seiring waktu, pada dukun dan tabib mulai memperkenalkan istilah jamu yang terkenal sampai sekarang.

Jamu, Paduan Rempah Nikmat dan Kaya Khasiat Asli IndonesiaFoto: iStock

Jamu diracik dari bermacam-macam rempah dan flora yang ada di Indonesia. Mulai dari jahe, kencur, lengkuas, kunyit, daun secang, temulawak, sampai kayu manis. Tak ketinggalan banyak sekali tambahan penambah rasa segar atau elok menyerupai buah asam, jeruk nipis, dan gula Jawa.

Puspo Edi Giriwono selaku Sekretaris Eksekutif Pusat Pengembangan Ilmu dan Teknologi Pertanian dan Pangan Asia Tenggara (SEAFAST) Center di tahun 2016 menyebut, sebetulnya materi jamu masih sangat banyak. Pasalnya ada lebih dari 30 ribu jenis flora di Indonesia.

"Setidaknya terdapat 2,1 juta varian jamu di Indonesia dari kekayaan intelektual yang diwariskan leluhur suku bangsa kita. Itu yaitu kekayaan intelektual bangsa untuk pengobatan alami," lanjut Puspo.

Jamu, Paduan Rempah Nikmat dan Kaya Khasiat Asli IndonesiaFoto: iStock

Baca Juga: Indonesia Punya 2 Juta lebih Varian Jamu yang Bisa Dikembangkan

Beberapa racikan jamu sudah sangat terkenal dan menjadi konsumsi sehari-hari banyak orang. Salah satunya beras kencur yang diracik dari beras yang dihaluskan, kencur, jahe, biji kedawung, kapulaga, asam, pala, dan gula merah. Jenis jamu ini punya khasiat menambah nafsu makan pada anak.

Selain itu ada juga kunyit asem yang terkenal sanggup menyegarkan tubuh sampai meredakan nyeri haid pada wanita. Kunyit asem diracik dari kunyit, asam Jawa, temulawak, biji kedawung, dan gula merah.

Untuk racikan lainnya, ada jamu galian singset untuk menjaga kesehatan organ intim wanita, kunci sirih untuk hilangkan bacin badan, cabe puyang untuk hilangkan pegal linu, pahitan yang sanggup turunkan kolesterol dan atasi perut kembung, dan banyak lainnya.

Ragam jamu terbilang gampang ditemui di Indonesia. Ada yang dijajakan berkeliling menggunakan sepeda, dijual di kios khusus jamu, sampai di bar kekinian dengan presentasi modern yang memikat. Yuk, minum jamu!

Baca Juga: Acaraki : Sensasi Unik Minum Jamu yang Diseduh dengan Teknik Manual Brew

Post a Comment

 
Top