0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Ayam hingga ikan sanggup diolah menjadi pepes yang enak. Dengan paduan bumbu kuning dan pelengkap cabe rawit tentu rasanya akan semakin yummy dinikmati dengan nasi.

Pepes atau pais merupakan salah satu hidangan tradisional yang gampang dibuat. Dengan metode memasak pepes ini, Anda tak perlu khawatir dengan kandungan kalorinya. Karena dalam prosesnya penggalan daging ayam, tahu atau ikan hanya dicampur dengan bumbu, daun kemangi dan dikukus hingga matang.

Baca juga: Pedas Gurih Pepes Udang dan Ikan yang Mudah dan Enak

Dengan mengukus juga sanggup meminimalisir kandungan gizi yang hilang dikala proses memasak. Dibungkus dengan daun pisang, pepes yummy dibentuk dengan paduan ayam, ikan kembung, ikan asin, udang hingga teri.

Daripada Digoreng, Pepes Ayam dan Ikan Lebih Rendah KaloriFoto: iStock

Supaya rasa pepesnya enak, pertama-tama Anda harus menumis bumbu pepes terlebih dulu. Bumbunya terdiri dari kunyit, bawang merah, bawang putih dan kemiri yang semuanya dihaluskan. Agar tak langu tentu bumbu halus ini harus ditumis terlebih dulu hingga matang. Kemudian ditambahkan dengan serai, lengkuas dan irisan cabai.

Sebelum dikukus, Anda sanggup menyiapkan daun pisang dan taruh bumbu sebesar ukuran materi utama lalu lumuri lagi dengan bumbu hingga meresap rata. Lipat daun pisang dan rekatkan dengan tusuk gigi. Kukus pepes hingga matang.

Daripada Digoreng, Pepes Ayam dan Ikan Lebih Rendah KaloriFoto: iStock

Kalau dibandingkan dengan lauk goreng, dalam 100 gram ikan goreng mengandung 113 Kkal. Sedangkan untuk 100 gram pepes ayam mengandung sekitar 75 Kkal.

Jadi bila Anda sedang berencana menurunkan berat badan, olahan pepes sanggup dipilih sebagai pengganti makanan yang digoreng.

Baca juga: 10 Pepes Ikan Maknyus Pilihan Netizen Ini Bikin Ngiler

Post a Comment

 
Top