0 Comment
Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Meski sudah mulai MPASI, sumbangan masakan anak masih tetap perlu diperhatikan. Ada beberapa jenis masakan yang harus dihindari terutama untuk bayi. Apa saja ya?

Setelah 6 bulan diberi ASI eksklusif, sekarang saatnya anak diberi masakan pendamping ASI (MPASI). Tidak semua masakan kondusif diberikan, terutama anak yang usianya di bawah 1 tahun. Beberapa masakan ini mengandung basil sehingga kalau dikonsumsi berlebihan justru sanggup kuat jelek pada anak.

Dikutip dalam Mashed, berikut ini beberapa masakan yang sanggup jadi berbahaya kalau diberikan pada anak usia dini.

Baca juga: Ini 5 Panduan Pemberian Makanan Anak Hingga Usia 1 Tahun

1. Madu

Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 TahunFoto: iStock

Madu dilarang diberikan pada anak di bawah 1 tahun. Madu mengandung spora basil yang disebut sebagai clostridium botulinum. Jika anak mengonsumsinya mereka sanggup terkena botulisme. Ini merupakan suatu bentuk keracunan masakan langka yang mengakibatkan kelemahan otot, hilangnya nafsu makan dan sembelit. Madu yang diberikan dikala usia dini juga sanggup merusak gigi anak.

Jika ingin menambahkan rasa anggun sebaiknya pilih buah segar. Selain aman, buah segar juga mengandung vitamin dan mineral.

2. Susu sapi

Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 TahunFoto: Getty Images

0-6 bulan anak harus konsumsi ASI. Ini ialah masakan terbaik yang diberikan untuk bayi, ASI juga sanggup dilanjutkan hingga usia 2 tahun. Namun ketika usianya sudah 2 tahun ke atas, susu sapi sangat baik dikosumsi anak-anak.

Susu sapi mengandung protein, kalsium dan kalium serta vitamin A,B dan D.

3. Makanan manis

Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 TahunFoto: iStock

Permen, cokelat dan masakan anggun lainnya dilarang diberikan pada anak usia dibawah 1 tahun. American Heart Association merekomendasikan biar bayi dan balita tidak mengonsumsi masakan terlalu anggun hingga usia minimal 2 tahun.

Menurut 2018 Feeding Infants and Baldlers Study, 27 persen belum dewasa berusia antara 1 dan 3 tahun tidak makan sayuran setiap hari. Semnatara itu 75 persen belum dewasa berusia antara 1 dan 2 tahun mengomsi permen setiap hari dan 90 persen anak usia 2-3 tahun banyak yang menikmati masakan manis.

Kalau hal ini terjadi efeknya ialah belum dewasa sanggup mengalami kenaikan berat badan, menderita kekurangan gizi dan alami duduk kasus gigi.

4. Garam

Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 TahunFoto: Istock

Sama ibarat gula, masakan asin sanggup merusak kesehatan anak. Konsumsi masakan tinggi natrium semenjak dini sanggup mensugesti kesehatan secara umum dikemudian hari sehabis dewasa. Hindari sumbangan masakan ibarat sup kalengan atau saus pasta instan yang tinggi akan natrium.

5. Kacang utuh

Ini Sebabnya 5 Makanan Ini Tak Boleh Diberikan pada Anak Dibawah 1 TahunFoto: iStock

Selain sanggup sebabkan alergi, kacang juga punya tekstur yang keras. Memberi kacang pada anak usia dibawah 1 tahun ini sanggup berisiko terjadinya kesedak. Namun kalau ingin memperkenalkan kacang, sanggup memberikannya dalam bentuk selai. Tapi sebaiknya campurkan ke dalam masakan ibarat masakan ringan anggun atau pancake biar lebih gampang untuk dikonsumsi.

Baca juga: Agar Anak Mau Melahap Makanannya, Ini 7 Trik yang Bisa Anda Lakukan

Post a Comment

 
Top