0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Kale terkenal sebagai superfood di negara Barat. Sementara Indonesia punya daun pakis yang tak kalah bernutrisi dan rasanya enak!

Daun pakis atau daun paku terkenal sebagai materi utama sayur gurih di Sumatera Barat. Daun ini tumbuh di kawasan basah dengan bentuk tak beda dari tanaman hias pakis. Diolah menjadi gulai paku dengan paduan bumbu dan santan dan dibentuk anyang atau urap.

Hampir Sama Proteinnya dengan Kale, Ini Nutrisi Super Daun PakisFoto: dok. detikFood

Selain di Sumatera Barat, penggunaan daun pakis sebagai hidangan umum ditemui di banyak wilayah Indonesia. Di Bali, misalnya, daun pakis diolah jadi lawar dengan cara direbus sebentar sehingga renyahnya masih terasa.

Baca Juga: Krenyes Segarnya Sayur Pakis atau Sayur Paku

Sementara di Kalimantan Barat, pakis juga jadi materi masakan populer. Pakis di wilayah ini punya keistimewaan lain yaitu batangnya lebih renyah. Tak heran, banyak usul pakis di provinsi beribu kota Pontianak ini.

Panganan lezat berbahan pakis juga bisa ditemui di Kudus. Di wilayah perbukitan Colo, Muria ada sajian lezat berjulukan pecel pakis. Bahan utamanya daun pakis yang hanya tumbuh di pinggiran anutan kali perbukitan Muria.

Hampir Sama Proteinnya dengan Kale, Ini Nutrisi Super Daun PakisFoto: iStock/dok. detikFood

Pecel pakis diracik bersama bumbu pecel yang terdiri dari adonan kencur dan daun jeruk. Pecel pakis dibanderol dengan harga murah meriah, Rp 8.000 per porsi dengan adonan sayuran lain menyerupai kacang panjang, bayam, dan tauge.

Baca Juga: Selain Jenang, Ada Pecel Pakis yang Sedap di Kaki Bukit Muria

Dilihat dari sisi nutrisi, daun pakis ternyata tak kalah unggul dibanding kale yang terkenal di negara Barat. Tiap 100 gram daun pakis mengandung 39 kkal, 4.5 gram protein, dan 0.4 gram lemak. Untuk kale, sayuran hijau ini mengandung 49 kkal untuk tiap 100 gram-nya dengan 4.3 gram protein, dan 0.9 gram lemak.

Hampir Sama Proteinnya dengan Kale, Ini Nutrisi Super Daun PakisFoto: iStock

Nutrisi daun pakis tak berubah kecuali jikalau Anda memasaknya dengan materi lain yang tinggi kalori menyerupai gulai pakis dengan penambahan santan. Juga belum termasuk nilai nutrisi dari penambahan saus kacang pada pecel. Untuk pilihan terbaik, Anda bisa mengolah daun pakis dengan cara direbus atau ditumis dengan sedikit bumbu saja.

Dr Health Benefits (14/1) mencatat banyak manfaat kesehatan daun pakis. Yang utama ialah tinggi zat besi, fosfor, dan kalsium. Selain itu, konsumsi daun pakis juga bisa sehatkan jantung alasannya ialah tinggi kandungan potassium.

Manfaat lain, daun pakis baik dikonsumsi penderita diabetes alasannya ialah sifatnya yang menurunkan kadar gula darah. Di sisi lain, daun pakis bisa tingkatkan nafsu makan.

Post a Comment

 
Top