0 Comment
Foto: detikFoodFoto: detikFood

Jakarta - Kebanyakan orang mengenal tempe terbuat dari kacang kedelai. Padahal tempe juga bisa dibentuk dari bermacam-macam jenis kacang lain.

Beberapa jenis kacang menyerupai kedelai hitam, kacang koro, edamame sampai kacang hijau ternyata bisa juga jadi materi baku pembuat tempe. Menurut Harry Nazarudin, penulis buku Kimia Kuliner, asal mengandung sumber karbohidrat, jenis kacang apapun bisa diolah jadi tempe.

Karena terbuat dari jenis kacang berbeda, sensasi rasa dan kandungan gizi tempe juga makin kaya. Berikut beberapa jenis kacang yang bisa diolah jadi tempe.

1. Kacang Kedelai Hitam
Bukan Hanya Kedelai, 5 Jenis Kacang Ini Juga Bisa Dibuat Makara TempeFoto: detikFood

Bukan hanya jenis kacang kedelai kuning saja yang bisa diolah jadi tempe. Kacang kedelai hitam juga bisa dijadikan tempe.

Kedelai hitam ini biasa dijadikan materi baku pembuat kecap, tapi bahwasanya bisa diolah juga jadi tempe. Proses membuatnya sama menyerupai tempe biasa. Untuk menciptakan tampilannya menarik, bisa campur antara kedelai hitam dan kedelai putih biasa.

Baca juga : Biar Tak Gampang Kena Flu, Rutinlah Makan Tempe dan Kimchi

2. Kacang Koro
Bukan Hanya Kedelai, 5 Jenis Kacang Ini Juga Bisa Dibuat Makara TempeFoto: detikFood

Kacang koro umumnya ditemui dalam bentuk camilan. Namun kacang ini juga potensial dijadikan materi baku untuk menciptakan tempe.

Bentuknya yang besar-besar menciptakan tempe hadir dengan tampilan berbeda. "Tempe bisa dari kacang koro. Tempe ini ada di Yogya, jadi bulir kacangnya besar-besar." kata Harry.

Kacang ini juga punya rasa gurih sehingga lezat dikala sudah jadi tempe. Kandungan nutrisi kacang koro juga setara dengan kedelai. Keunggulan lainnya ialah kacang koro dibanderol dengan harga yang lebih murah dari kedelai.

3. Kacang Tolo
Bukan Hanya Kedelai, 5 Jenis Kacang Ini Juga Bisa Dibuat Makara TempeFoto: detikFood

Kacang tolo dikenal juga dengan sebutan kacang tunggak, dadap atau kacang kebo. Kandungan protein nabati kacang ini tinggi, demikian juga kandungan kalsium dan seratnya.

Kacang tolo biasa dijual dalam bentuk kering sehingga harus direndam air dulu sebelum diolah jadi tempe. Kacang ini mempunyai bulir lebih kecil daripada kedelai sehingga dikala jadi tempe teksturnya jadi lebih padat.

4. Kacang Hijau
Bukan Hanya Kedelai, 5 Jenis Kacang Ini Juga Bisa Dibuat Makara TempeFoto: iStock

Tidak hanya lezat jadi bubur, kacang hijau juga bisa jadi tempe lezat kaya nutrisi. Kacang hijau biasa dijual dalam bentuk kering sehingga ketika akan dijadikan tempe, kacang ini harus direbus dahulu sampai mengembang.

Agar tampilannya higienis dan menarik, gunakan kacang hijau kupas. Tempe kacang hijau mempunyai banyak kandungan nutrisi menyerupai protein, kalsium dan fosfor. Kandungan lemak dalam kacang ini juga termasuk jenis lemak tak jenuh.

Baca juga : Tempe, Produk Asli Indonesia yang Mengandung Vitamin B12

5. Kacang Edamame
Bukan Hanya Kedelai, 5 Jenis Kacang Ini Juga Bisa Dibuat Makara TempeFoto: detikFood

Kacang yang terkenal di Jepang ini juga bisa jadi materi baku untuk menciptakan tempe. "Asal ada karbohidratnya, semua bisa jadi materi baku tempe. Edamame juga bisa jadi tempe," kata Harry.

Apalagi edamame mempunyai bentuk dan rasa yang menyerupai kedelai, hanya saja kacang ini berwarna hijau. Edamame juga kaya kandungan protein yang bisa menggantikan telur dan daging.

Edamame juga merupakan satu-satunya sayuran di dunia yang mengandung 9 jenis asam amino esensial. Makara bisa dibayangkan nutrisi tempe akan semakin berlimpah kalau dibentuk memakai kacang ini.

Post a Comment

 
Top