0 Comment
Veloz 1.5 A/T. Foto: Ari SaputraVeloz 1.5 A/T. Foto: Ari Saputra

Jakarta - Toyota Avanza gres saja menerima penyegaran. PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah meluncurkan New Avanza dan New Veloz. Namun, kedua kendaraan beroda empat itu hanya menerima pembaruan minor.

Hadirnya Avanza gres ini tentu bakal menciptakan persaingan kendaraan beroda empat MPV semakin ketat. Bagaimana tidak, sepanjang 2018 penjualan Avanza terus ditempel Mitsubishi Xpander.

Xpander merupakan kendaraan beroda empat MPV yang menjadi pendatang baru. Mobil itu dirilis pada 2017 lalu. Tak cuma merek, desain eksterior, dan pilihan mesin, fitur keselamatan menjadi poin penting yang menjadi pertimbangan calon pembeli mobil.



Antara Avanza dan Xpander, kendaraan beroda empat mana yang lebih unggul dari segi fitur keselamatan? Mari kita bandingkan dari spesifikasi di atas kertas. Agar lebih fair, komparasi ini dilakukan dengan membandingkan Xpander tipe tertinggi (Ultimate) dengan New Veloz yang juga menjadi varian termahalnya.

Mitsubishi Xpander. Mitsubishi Xpander. Foto: Muhammad Ridho


Mulai dari Veloz. New Veloz yang gres diluncurkan beberapa hari kemudian itu mempunyai fitur keselamatan berupa Dual SRS airbags, seatbelt with pretensioner & force limiter, ABS (Anti-lock Braking Syetem), ISOFIX, Side Impact Beam, 3-points seatbelt, hingaa pengingat penggunaan sabuk pengaman untuk penumpang depan.



Bagaimana dengan Xpander? Tampaknya Mitsubishi Xpander punya fitur keselamatan yang lebih lengkap. Mobil ini mempunyai Hill Start Assist (HSA) untuk membantu pengemudi dikala berhenti di tanjakan, pedestrian protection, Active Stability Control (ASC) untuk mengontrol stabilitas kendaraan beroda empat di jalanan licin, Dual SRS airbags, Emergency Stop Signal di mana dikala rem mendadak lampu hazard otomatis menyala, cruise control, Reinforced Impact Safety Evolution Body, dan ABS.

Adapun fitur yang ada di Xpander tapi tak dimiliki Avanza maupun Veloz antara lain Hill Start Assist (HSA), Active Stability Control (ASC) atau Vehicle Stability Control (VSC) dan cruise control.

Makanya, Xpander tipe Ultimate sebagai tipe tertinggi dibanderol lebih mahal daripada Veloz 1.5 A/T yang juga menjadi tipe tertinggi. Sebagai pembanding, Veloz 1.5 A/T dijual Rp 239.450.000. Sedangkan Xpander Ultimate A/T harganya Rp 258.900.000.

Post a Comment

 
Top