0 Comment
Foto: detikfoodFoto: detikfood

Jakarta - Untuk memangkas lemak di perut perlu kesepakatan kuat. Salah satunya harus menghindari konsumsi masakan berikut.

Pendiri The Healthy Mummy, Rhian Allen mengembangkan belakang layar soal menurunkan berat tubuh sampai 25 kg dalam setahun. Ia ternyata menghindari konsumsi 7 jenis masakan yang diinformasikan Daily Mail (7/1) berikut ini.

Baca Juga: Lemak di Perut Mulai Nonjol Lagi? Gempur dengan 5 Buah Segar Ini

Turun 25 Kg Setahun, Wanita Ini Ungkap 7 Makanan yang DihindarinyaFoto: Istimewa

1. Keripik kentang
Keripik kentang jadi kudapan favorit sehingga sulit dihindari. Tapi kalau mau benar-benar menyingkirkan lemak perut, keripik kentang tak boleh lagi dikonsumsi. Pasalnya keripik digoreng dalam minyak bermuatan lemak trans yang diketahui memicu kenaikkan kolesterol dan berat badan.

Meski beberapa produsen mengklaim keripik kentangnya tidak mengandung minyak terhidrogenasi, keripik tersebut tetap saja tinggi lemak alasannya yakni digoreng di minyak. Rhian merekomendasikan untuk pilih keripik kentang yang dipanggang atau yang rendah lemak meski tetap harus memperhatikan nilai kalorinya.

2. Soft drink
Dibalik rasanya yang menyegarkan, soft drink yakni minuman yang 'jahat' bagi tubuh. Minuman soda ini penuh kalori kosong yang berasal dari fruktosa dan zat tambahan lain.

Selain itu, soft drink juga ditambahkan perhiasan buatan yang jelek bagi kesehatan. Untuk minuman penghancur lemak perut, Rhian hanya merekomendasikan satu jenis minuman terbaik yaitu air mineral.

Turun 25 Kg Setahun, Wanita Ini Ungkap 7 Makanan yang DihindarinyaFoto: iStock

3. Donat
Melahap biskuit, donat, dan kudapan tinggi gula lainnya juga perlu berhati-hati. Jenis masakan tersebut biasanya juga tinggi kalori dan mengandung banyak materi pengawet.

"Gula meningkatkan inflamasi, yang tidak hanya jelek untuk Anda tapi juga menciptakan Anda nanah dan kembung," kata Rhian. Kalaupun ingin kudapan manis, Rhian menyarankan konsumsi beberapa potong buah.

4. Gorengan
Gorengan juga jadi pantangan bagi mereka yang mau singkirkan lemak di perut. Makanan ini penuh minyak, mengandung sedikit mineral, vitamin, dan serat.

Selain itu, gorengan biasanya mengandung banyak sodium dan lemak trans yang justru menimbun lemak di perut. Kalau pun ingin makan gorengan, hindari mengonsumsinya terlalu banyak atau bikin sendiri di rumah biar terjamin sehat.

Turun 25 Kg Setahun, Wanita Ini Ungkap 7 Makanan yang DihindarinyaFoto: iStock

5. Nasi dan pasta
Rhian menekankan kalau benar-benar ingin membuang lemak di perut, kurangi konsumsi karbohidrat olahan menyerupai pasta, roti putih dan nasi. Kurangi juga masakan yang terbuat dari tepung putih.

"Karbohidrat putih sudah diproses dan hasilnya dicerna dengan cepat oleh tubuh untuk disimpan sebagai lemak," katanya. Sebaliknya, pilih karbohidrat yang usang dicerna tubuh. Ada quinoa, nasi cokelat dan sayuran berpati menyerupai ubi sebagai pengganti.

6. Margarin
Banyak orang secara tak sadar konsumsi terlalu banyak margarin. Hal ini bersama-sama tak duduk kasus kalau margarin dibentuk dari minyak sayur, tapi faktanya banyak margarin justru dibentuk dengan lemak trans.

"Margarin dapat ditemui pada produk pastry, biskuit, masakan kemasan, dan bahkan popcorn microwave. Makara batasi asupannya biar kadar kolesterol tetap terjaga," ujar Rhian. Sarannya yakni konsumsi sedikit saja mentega sebagai alternatif.

Turun 25 Kg Setahun, Wanita Ini Ungkap 7 Makanan yang DihindarinyaFoto: Istimewa

7. Sereal
Sereal tak melulu jelek untuk kesehatan, namun konsumsi terlalu banyak sereal dapat menaikkan berat badan. Karenanya penting untuk menakar porsi konsumsi sereal harian.

Rhian menyampaikan ganti susu sapi dengan sari kacang untuk teman melahap sereal, menyerupai sari almond atau kedelai. Hindari pula menambahkan gula tambahan ke dalam semangkuk sereal.

Baca Juga: Sarapan Telur dan Daging Bisa Menyusutkan Lemak Perut

Post a Comment

 
Top