0 Comment
Mobil antik dari besi bekas (Foto: Deden Rahadian)Mobil antik dari besi bekas (Foto: Deden Rahadian)

Tasikmalaya - Mobil dari materi bekas dengan model ala kendaraan beroda empat yang digunakan Kerajaan Inggris dalam Royal Wedding buatan warga Kabupaten Tasikmalaya dapat beroperasi dengan normal. Mobil dapat melaju meski nggak dapat ngebut.

"Walau nggak dapat lari kencang tapi kendaraan beroda empat ini nyaman Pak dikendarai, kondusif juga hehehe," ujar Ayi Suganda (44) warga Desa Jayaratu, Sariwangi, Tasikmalaya saat ditemui di bengkelnya.


Mobil antik buatan Ayi SugandaMobil antik buatan Ayi Suganda Foto: Deden Rahadian


Ide pembuatan kendaraan beroda empat antik ini muncul alasannya ialah ingin menciptakan sesuatu yang berbeda. Keahliannya merangkai besi dan memanfaatkan barang-barang bekas kesudahannya berbuah manis. Mobil antik kreasinya sempat viral di media sosial, beberapa lalu.



Sementara itu, Kepala Desa Jayaratu Idad Abdul Rosyad menyatakan bahagia mempunyai warga yang kreatif. Diharapkan karya kendaraan beroda empat bekas unik ini jadi pelecut warga lain berkreasi.

"Rasanya gembira sekali punya warga cukup kreatif dengan cara memanfaaatkan barang bekas, cukup inovatif barang bekas jadi kendaraan beroda empat anggun sekali menyerupai ini," ujar Idad.

Mobil antik dari besi bekasMobil antik dari besi bekas Foto: Deden Rahadian


Kendaraan bergaya klasik tempo dulu ini terbuat dari limbah besi pagar rumah, bekas kanopi rumah, besi bau tanah bekas Vespa sampai bau-baut sisa.

Mesin penggeraknya memang masih sederhana, yakni sebuah kompresor bekas pembersihan motor. Onderdil kendaraan juga memanfaatkan bekas kendaraan beroda empat lawas, sepeda motor rusak sampai sepeda angin, yang sudah tidak terpakai. Untuk persneling memakai besi bekas gagang pintu, per kaki bekas kendaraan beroda empat Jeep Willys. Sementara jok kendaraan harus memanfaatkan bekas dingklik yang sudah tidak terpakai.



"Saya pertamanya memanfaatkan barang bekas terus aku lihat konsep kendaraan beroda empat kuno mengalir saja. Kalau ada barang sisa aku ambil dan kumpulkan," ujar Ayi.

Dibutuhkan waktu hampir lima bulan untuk merangkai kendaraan antik dari barang bekas ini. Selain menunggu ketersediaan barang bekas, prosesnya panjang alasannya ialah minim anggaran. Ayi hanya mengeluarkan biaya untuk pengelasan serta pengecatan kendaraan.

Post a Comment

 
Top