0 Comment
Kemenpora Geber Seleksi untuk Timnas U-15 ke Iber CupKemenpora menyeleksi pemain U-15 ke Iber Cup 2019 Estoril. (Mercy Raya/detikSport

Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) menggelar seleksi pemain. Mereka yang terbaik berhak tampil di Iber Cup 2019 Estoril.

Iber Cup 2019 di Estoril, Portugal mulai 1-6 Juli. Seleksi tahap pertama sudah berjalan dan terjaring 90 pemain. Sebanyak 75 pemain di antaranya merupakan jebolan dari turnamen Piala Menpora U-14 putaran nasional 2018. Sisanya, yakni pemain-pemain yang hanya hingga putaran provinsi.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, berharap turnamen itu sanggup dimaksimalkan untuk menambah pengalaman pemain cilik. Apalagi, kesempatan tiba dari negara Eropa.

"Tahun kemudian ke China, kali ini kami ingin tantangan yang lebih besar alasannya di Eropa dan Amerika Latin niscaya banyak klub-klub top di sana. Kemenpora memandang penting alasannya selain pembinaan berjenjang juga perlu kompetisi internasional," kata Raden Isnanta dalam jumpa pers di Media Center Kemenpora, Rabu (6/2/2019).


"Jadi mereka punya pengalaman bertanding, dan ke depan harus menjadi macam Asia dan sanggup mentas di negara yang lebih besar menyerupai Amerika Latin sehingga kita perlu tantangan yang lebih besar lagi," ungkapnya kemudian.

"Tentu kami berharap mereka sanggup satu ilmu yang luar biasa, dan iklim yang aman usia muda, bagaimana bermain dengan suhu berbeda, huruf bermain bola yang berbeda. Ini yabg harus dipetik untuk belum dewasa generasi kita," kata dia.

Sementara itu, manajer Timnas Pelajar U-15, Ray Manurung, menyebut seleksi akan dilakukan lewat tiga kali pembinaan camp. Nantinya, 18 pemain terbaik yang akan terbang ke Estoril.

Seleksi pertama digelar 14-18 Februari di Stadion Siliwangi, Kabupaten Bandung. Kemudian, TC kedua dimulai sekitar April hingga Mei. Tapi, lokasinya masih menunggu identifikasi cuaca di lokasi pertandingan.

"Jika cuaca hambar di Lembang, jikalau panas di Jakarta atau Bali. TC kedua juga masih di Indonesia, gres lah di TC ketiga sudah masuk ke Portugal. Makara mereka satu pekan sebelum tanding sudah aklimatisasi di sana," kata Ray, dalam kesempatan yang sama.

Kemenpora mempercayakan seleksi kepada mantan pemain Timnas. Di antaranya, Rully Nere, Rudy William Keltjes, dan Herry Kiswanto. Sementara, instruktur kepala Timnas Pelajar Indonesia U-15 itu belum diputuskan. Firman Utina disebut-sebut bakal dipercaya.

"Tahun kemudian Firman Utina. Sampai hari ini ia calon terkuat head coach. Tapi, belum sanggup saya umumkan. Karena ada kandidat lain juga punya lisensi yang sama. Yang terang kami ingin fokus saat menyerahkan belum dewasa ini dan tidak asal," ujar Ray.



Post a Comment

 
Top