0 Comment
Foto: IstockFoto: Istock

Jakarta - Jeruk nipis yang asam segar ternyata memilili segudang manfaat, termasuk menurunkan berat badan. Mau langsing dengan konsumsi jeruk nipis?

Memang tidak ada makanan yang bisa menurunkan berat tubuh dengan instan, semua harus dikombinasikan dengan teladan hidup sehat. Namun jeruk nipis membantu memudahkan proses pelunturan lemak.

Selain membantu menurunkan berat badan, ada juga beberapa khasiat jeruk nipis. Dilansir dari Live Strong, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari si asam kecut ini.

1. Dijadikan makanan penurun berat tubuh
Apa Benar Rutin Minum Air Jeruk Nipis Bisa Turunkan Berat Badan? Foto: Istock

Banyak sumber rujukan yang menyampaikan bila jeruk nipis yang dikonsumsi secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan. Air jeruk nipis dianggap bisa melancarkan metabolisme dalam tubuh dan menurunkan berat badan.

Namun pakar diet Jaime Ackerman Foster dari Net Wellness menyampaikan jeruk nipis tidak membantu menurunkan berat tubuh kalau tidak diiringi dengan acara fisik. Percuma saja menikmati air jeruk nipis tanpa dibarengi teladan makan yang sehat dan olahraga.

Baca juga : Jeruk Nipis Mampu Redam Gangguan Asam Urat

2. Sumber vitamin C
Apa Benar Rutin Minum Air Jeruk Nipis Bisa Turunkan Berat Badan? Foto: Istock

Mirip menyerupai jenis jeruk lainnya, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang berlimpah. Segelas air jeruk nipis peras menyumbang 22 persen kebutuhan vitamin C harian bagi orang dewasa.

Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh, membantu memecah lemak dikala berolahraga. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nutrition and Metabolism tahun 2006 menyampaikan semakin banyak vitamin C yang masuk ke dalam tubuh maka semakin gampang proses pembakaran lemak.

Poin lebihnya dari vitamin C yaitu nutrisi ini bisa menjaga daya tahan tubuh serta mempunyai dampak baik untuk kesehatan kulit.

3. Membuat air lebih segar
Apa Benar Rutin Minum Air Jeruk Nipis Bisa Turunkan Berat Badan? Foto: Istock

Kebutuhann air harian harus terpenuhi dengan baik semoga organ tubuh bisa berfungsi optimal. Menambahkan irisan jeruk nipis pada air mineral menciptakan rasa air lebih segar sehingga orang cenderung akan lebih banyak minum.

Selain baik untuk tubuh, minum banyak air juga membantu melunturkan lemak yang tertimbun dalam tubuh. Minum air jeruk nipis juga terbukti lebih efektif dalam menurunkan berat tubuh dibandingkan minum embel-embel diet.

4. Menurunkan gula darah
Penderita diabetes bisa mengakibatkan jeruk nipis sebagai alternatif makanan sehat. Secara alami jeruk nipis mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga bisa mengontrol gula darah dalam tubuh.

Jeruk nipis juga mempunyai antioksidan yang berperan mengurangi rasa sakit, membantu penyembuhan dan menghindari tubuh dari paparan virus penyakit.

Baca juga : Jeruk Mandarin dan Jeruk Nipis yang Kaya Asam Folat Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

5. Kurang baik untuk gigi
Apa Benar Rutin Minum Air Jeruk Nipis Bisa Turunkan Berat Badan? Foto: Istock

Meskipun rasa asam jeruk nipis ini terasa segar tapi ternyata mempunyai imbas kurang baik untuk gigi. Rasa asam menciptakan lapisan enamel gigi perlahan terkikis. Jika dibiarkan maka akan berdampak kerusakan gigi.

Sebagai solusi, cobalah minum air jeruk nipis memakai sedotan atau minum air putih yang banyak usai minum air jeruk nipis. Dan jangan lupa untuk menyikat gigi dua kali sehari.




Saksikan juga video 'Tips Atasi Bau Badan dengan Jeruk Nipis':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top