0 Comment
Foto: Deden RahadianFoto: Deden Rahadian

Tasikmalaya - Berbekal kreativitas tinggi, seorang warga di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat berhasil membuat kendaraan beroda empat antik seakan-akan yang digunakan di kesepakatan nikah Kerajaan Inggris dari barang bekas.

Di tangan Ayi Suganda (44) warga Desa Jayaratu, Sariwangi, Tasikmalaya, limbah tidak harus selalu berakhir di daerah sampah. Pria yang sehari-hari menjadi Karyawan pabrik itu mengolah besi bekas jadi barang yang mempunyai estetika serta bernilai tinggi. Yup, sebuah kendaraan beroda empat antik layaknya Royal Wedding Kerajaan Inggris.

Kreatif! Urang Tasik Buat Mobil Antik Royal Wedding dari Besi BekasFoto: Deden Rahadian


Kendaraan bergaya klasik tempo dulu ini terbuat dari limbah besi pagar rumah, bekas kanopi rumah, besi renta bekas Vespa sampai bau-baut sisa.

Mesin penggeraknya memang masih sederhana, yakni sebuah kompresor bekas pembersihan motor. Onderdil kendaraan juga memanfaatkan bekas kendaraan beroda empat lawas, sepeda motor rusak sampai sepeda angin, yang sudah tidak terpakai. Untuk persneling memakai besi bekas gagang pintu, per kaki bekas kendaraan beroda empat Jeep Willys. Sementara jok kendaraan harus memanfaatkan bekas dingklik yang sudah tidak terpakai.



"Saya pertamanya memanfaatkan barang bekas terus aku lihat konsep kendaraan beroda empat kuno mengalir saja. Kalau ada barang sisa aku ambil dan kumpulkan," ujar Ayi dikala ditemui di bengkel rumahnya (16/1/2019).

Dibutuhkan waktu hampir lima bulan untuk merangkai kendaraan antik dari barang bekas ini. Selain menunggu ketersediaan barang bekas, prosesnya panjang alasannya yaitu minim anggaran. Ayi hanya mengeluarkan biaya untuk pengelasan serta pengecatan kendaraan.



Ide pembuatan kendaraan beroda empat antik ini muncul alasannya yaitu ingin membuat sesuatu yang berbeda. Keahliannya merangkai besi dan memanfaatkan barang-barang bekas jadinya berbuah manis.



Simak juga video 'Unik! Sandal Jepit Makara Mahar Pernikahan Warga Kebumen':

[Gambas:Video 20detik]


Kreatif! Urang Tasik Buat Mobil Antik Royal Wedding dari Besi Bekas

Post a Comment

 
Top