0 Comment
Foto: dok. Shutterstock

Jakarta -

Daerah spesial Yogyakarta (DIY) merupakan daerah yang kaya wisata budaya, sejarah, sampai alam. Lokasi Kota Pelajar ini juga strategis sehingga gampang ditempuh melalui jalur darat menyerupai kereta api. Pantas saja tiket kereta Jakarta Jogja selalu diburu banyak wisatawan menjelang demam isu liburan panjang.

Ya, Jogja menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia selain Bali. Setiap sudut kotanya menyerupai tak pernah habis untuk dijelajahi. Simak rangkuman lima tempat wisata yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke Yogyakarta nanti.

Malioboro

Berlibur ke Jogja tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Malioboro. Salah satu lokasi wisata terpopuler ini merupakan pilihan tepat untuk membeli banyak sekali aksesoris batik dan aneka kerajinan tangan, serta merasakan makanan khas Jogja dengan harga terjangkau.

Paling menarik ada di tempat Malioboro, tepatnya di titik nol kilometer. Spot ini merupakan lokasi perayaan malam pergantian tahun yang menampilkan banyak sekali atraksi budaya, musik, sampai pesta kembang api.

Taman Sari

5 Pilihan Spot Wisata di Yogya untuk Liburan Akhir TahunFoto: dok. Shutterstock

Pesona tempat satu ini sudah usang dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Berada di area lingkungan keraton, Taman Sari mempunyai arsitektur yang unik dengan bak pemandian yang pernah dipakai Sultan sebagai daya tarik utamanya. Tak hanya itu, objek wisata ini juga mempunyai lorong dan masjid bawah tanah yang masih terjaga kekokohan bangunannya. Di lokasi inilah wisatawan sering melaksanakan swafoto.

Alun-alun Kidul

Menjelang malam hari, suasana Jogja menjadi lebih semarak. Oleh lantaran itu, mampirlah ke Alun-alun Kidul yang menjadi sentra acara wisata malam di Kota Gudeg ini. Di sini, Anda sanggup mencoba tradisi masangin (jalan sambil tutup mata melewati dua pohon beringin) dan gowes kendaraan beroda empat ontel yang berhiaskan lampu warna-warni.

Setelah puas bermain, banyak sekali masakan angkringan dan warung lesehan di sekitar alun-alun juga sanggup dinikmati dengan harga murah. Jangan lupa coba beberapa hidangan khas menyerupai kopi jos (kopi hitam yang dihidangkan bersama arang panas) dan aneka gorengan.

Candi Prambanan

5 Pilihan Spot Wisata di Yogya untuk Liburan Akhir TahunFoto: dok. Shutterstock

Candi Prambanan di Kabupaten Sleman, juga harus masuk itinerary liburan. Situs warisan dunia UNESCO ini memperlihatkan keindahan arsitektur candi, lengkap dengan dongeng Roro Jonggrang yang melegenda.

Wisatawan pun akan betah berlama-lama di tempat ini, alasannya ada banyak candi yang sanggup dikunjungi menyerupai Candi Kelir, Candi Apit, dan Candi Patok. Tak hanya itu saja, pengalaman liburan akan semakin tepat dengan menonton pertunjukan Ramayana Ballet pada malam hari.

Gunung Nglanggeran

Jika Anda ingin menepi dari padatnya Jogja, tak ada salahnya mendaki Gunung Nglanggeran. Alam yang indah dan udara yang segar sanggup mengatakan energi yang nyata bagi ketenangan diri. Gunung purba dengan tinggi sekitar 700 mdpl ini juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati pesona matahari terbit di awal tahun. Dijamin, liburan kali ini lebih berkesan dibanding liburan sebelumnya.

Demikian ialah beberapa tempat wisata di Jogja yang telah dirangkum detikTravel. Kira-kira tempat manakah yang paling Anda ingin dikunjungi?

Agar rencana liburan berhasil, segera pesan tiket kereta Jakarta Jogja di Traveloka. Ini penting lantaran proses pemesanan tiket kereta api Jakarta Jogja di Traveloka jauh lebih cepat, memperlihatkan harga yang terjangkau, mempunyai jaminan keamanan, dan sanggup dilakukan lewat situs web atau aplikasi. Dengan begitu, rencana perjalanan ke Jogja sanggup lancar dan ekonomis meskipun ketika high season. Selamat berlibur!

Post a Comment

 
Top