0 Comment
Foto: Dok Kemenpar

Jakarta - Destinasi wisata di Bali bertambah banyak dengan adanya destinasi digital Peken Edelweis yang diluncurkan oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Bali. Indah!

Berada di destinasi terbaik dunia, formula terbaik pun disiapkan Peken Edelweis di program peluncuran pada Minggu (11/11). Salah satunya yaitu perpaduan kreasi modern yang dibalut cantik dengan kuatnya kekayaan budaya Bali di Dusun Temukus, Desa Besakih, Karangasem, Bali.

"Kami bersyukur program berjalan baik dan lancar. Beragam hidangan kami tampilkan. Ada live music, hidangan tarian tradisional, hingga banyak sekali macam lomba," ujar Juragan Peken Edelweis Ketut Hery Budiyana dalam keterangan tertulis, Senin (12/11/2018).


Peluncuran Peken Edelweis juga dimeriahkan oleh grup band Leeyonk Sinatra. Band yang cukup digandrungi di Bali ini digawangi oleh I Made Yudi Darmawan/Yudik (vocal), I Putu Indra Pratama/Bolo (gitar), dan I Kadek Agustina/Jigo (keyboard). Alunan musik dari grup band ini pun siap memanjakan pendengaran para pengunjung milenial.

Selain musik, tarian tradisional Genjek dan Joged juga meramaikan suasana. Ada juga kerja sama dengan seniman dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Mereka tergabung dalam Intermingle Art Project (IAP).

"Ada juga lomba foto instagram dan lomba mewarnai untuk anak-anak. Pokoknya seru," lanjut Hery.

Hebohnya formula program yang dipersiapkan juga bertujuan untuk mengimbangi pesona Peken Edelweis ini. Berdiri di area Taman Edelweis Bali, destinasi digital ini sungguh mengagumkan.

Hamparan bunga edelweis atau biasa disebut kasna dalam bahasa Bali mengakibatkan taman ini sangat instagramable. Belum lagi ada kemegahan Gunung Agung yang menjadi latarnya, ditambah indahnya perbukitan dan hamparan perkebunan masyarakat.

"Keberadaan Peken Edelweis ini sejalan dengan tujuan dari Taman Edelweis Bali. Di mana bertujuan membuat wisata desa yang sanggup dinikmati secara humanis oleh pengunjung. Selain itu sebagai sarana untuk menjaga kesakralan tanaman kasna," ungkap Hery.


Apresiasi pun disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardono. Menurut Don, hadirnya destinasi digital di Bali sangatlah tepat. Ia menyakini destinasi ini akan semakin melambung tinggi, terlebih Peken Edelweis ikut melengkapi destinasi yang sudah ada.

"Ini kerja sama yang pas. Saling melengkapi. Saya yakin destinasi yang sudah ada makin ngehits lagi alasannya belum dewasa GenPI ini sangat militan di media sosial. Imbasnya, nama destinasi sekitarnya akan ikut terangkat," ungkap Don.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan bahwa GenPI harus bisa menghadirkan destinasi digital dengan standar yang tinggi sehingga bisa bersaing dengan destinasi lainnya. Selain itu, destinasi digital GenPI pun harus bisa melengkapi destinasi pariwisata yang ada di kawasan tersebut.

"Bali itu destinasi terbaik dunia. Predikat itu merupakan laba sekaligus tantangan. Jawabannya ada di tangan generasi muda yang kreatif ibarat GenPI yang membuat destinasi digital. Destinasi yang diincar wisatawan milenial. Maju terus pariwisata Indonesia. Salam Pesona Indonesia. GenPI! Gasss!" tegas Menpar Arief.

Post a Comment

 
Top