0 Comment
Air terjun atau Curug Tujuh Cibolang (Dadang Hermansyah/detikTravel)

Ciamis - Bingung cari daerah wisata untuk tamat pekan. Cobalah kunjungi salah satu daerah yang asyik buat basah-basahan di Ciamis ini.

Adalah riam atau Curug Tujuh Cibolang di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Merupakan salah satu objek wisata alam yang menunjukkan banyak keindahan.

Terletak di kaki Gunung Sawal di Desa Sandingtaman curug ini juga dikenal sebagai Curug Tujuh. Hal itu dikarenakan banyaknya riam yang letaknya tersebar namun berdekatan.

Untuk menuju lokasi curug pertama, wisatawan harus berjalan kaki dari pintu masuk jaraknya sekitar beberapa ratus meter. Pengunjung diharuskan mendaki tangga kerikil yang cukup tinggi.

Tapi tak perlu khawatir, selama perjalanan pengunjung tidak akan merasa lelah. Sepanjang perjalanan ada pemandangan hutan pinus yang menyegarkan mata ditambah dengan udara yang sejuk khas pegunungan, menambah sensasi berpetualang di alam.

Ciamis Punya 7 Air Terjun Berdekatan LhoFoto: Dadang Hermansyah/detikTravel


Sesampainya di lokasi curug pertama, pengunjung pribadi sanggup menikmati curug yang menjulang dengan ketinggian lebih dari 50 meter. Air curug yang tidak pernah surut itu pribadi sanggup terasa hingga ke muka dengan sensasi dingin. Hembusan dari air yang jatuh menjadikan percikan-percikan air yang dibarengi dengan angin.

Di bawah curug terdapat bak air cukup dalam hingga perut orang dewasa. Di bak ini pengunjung sanggup berendam sambil menikmati pijatan dari air curug yang jatuh atau hanya bermain air bersama keluarga.

Ciamis Punya 7 Air Terjun Berdekatan LhoFoto:Dadang Hermansyah/detikTravel


Air curug ini berasal dari mata air Cimantaja yang beradal dari Gunung Sawal. Untuk curug lainnya mempunyai ketinggian yang berbeda-beda. Juga mempunyai keunikan tersendiri.

Menurut warga di sana, 7 curug ini mempunyai nama tersendiri adalah Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Ketujuh curug ini mengalirkan air ke Sungai Cibolang dan Cimantaja.

"Curug tujuh ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang indah, sangat cocok untuk menenangkan pikiran dari aktifitas sehari-hari," ujar Husen, salah seorang pengunjung lokal Ciamis di lokasi.

Berwisata ke curug tersebut dijamin tidak pernah merasa bosan. Terlebih lagi setiap kali tiba sanggup mencoba mengunjungi curug yang berbeda.

"Seharian berwisata di curug tujuh tidak akan cukup. Masih kurang. Intinya aku ke sini hanya refreshing saja. Tidak perlu jauh, jikalau alam yang indah di Ciamis juga banyak," terangnya.

Post a Comment

 
Top