0 Comment
Pantai di Belitung (Afif Farhan/detikTravel)

Belitung - Belitung punya segala keindahan, dari alam hingga kuliner yang menggoyang lidah. Tapi, ada yang kurang.

"Sebenarnya Belitung sudah bagus, khususnya bagi wisatawan domestik, populer dengan sebutan Negeri Laskar Pelangi. Lebih dari itu, yaitu soal geopark," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya pada awak media dikala kunjungan ke KEK Tanjung Kelayang, Belitung, Senin (29/10/2018) sore kemarin.

Belitung sendiri sudah menjadi geopark nasional di tahun 2017 kemarin. Seperti tertulis di website Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Belitung mempunyai unsur-unsur terbentuknya suatu geopark yaitu unsur geodiversity (keragaman geologi menyerupai batuan, fosil dan bentang alam), biodiversity (keragaman biologi meliputi unsur tanaman dan fauna) dan culturaldiversity (mencakup unsur budaya pada masa kemudian dan masa sekarang yang dihasilkan oleh manusia).


"Memang sudah menjadi geopark nasional, tapi menjual Belitung harus dengan UGG (UNESCO Global Geoparks). Jadikan geopark dunia," kata Arief.

"Kalau mau jadi destinasi kelas dunia, maka harus punya atraksi kelas dunia," tambahnya.

Arief mencontohkan geopark Danau Toba yang sudah mendunia. Danau Toba dikenal sebagai salah satu danau vulkanik terbesar di dunia, dengan sejarah, keindahan alam dan budaya masyarakatnya sanggup menarik perhatian turis mancanegara.

"Semoga tahun 2019, Belitung sudah bersertifikat UGG," tutup Arief.




Tonton juga 'Unik, di Belitung ada Pulau yang Menyerupai Bentuk Burung':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top