0 Comment
Turis melihat acara Terusan Panama (iStock)

Panama City - Panama dikenal dunia alasannya ialah punya terusan penghubung 2 samudera. Bermula dari negara yang kacau, kemudian sekarang warganya hidup bahagia. Ada dongeng apa?

Melansir CNN Travel, Senin (12/11/2018), Negara Panama memang populer dengan Terusan Panama menyerupai halnya di Suez. 2 Hal lain yang diingat orang soal Panama ialah diktator Manuel Noriega di tahun 1980-an dan skandal keuangan Panama Papers.

Namun kisah sejati negeri ini diawali dengan kekacauan. Eksploitasi ialah insiden menjelaskan masa lalunya. Panama ialah negara yang telah dipakai oleh para bangsa lain. Orang-orang dari seluruh dunia yang tiba ke sini untuk alasan yang berbeda, semua berkaitan dengan lokasinya di peta.

Tanah Genting Panama ialah jembatan yang menghubungkan Amerika Utara dan Selatan serta perairan Samudera Atlantik dan Pasifik. Panama mempunyai area seluas sekitar 75.000 kilometer persegi dan menjadi sentra benua Amerika dalam hal konektivitas, dengan bandara utama Tocumen International yang memperlihatkan penerbangan nonstop ke 81 kota yang berbeda untuk para traveler.

Kisah Panama yang Kini Hidup BahagiaPanorama terusan Panama yang tersohor (iStock)
Sebagai bekas koloni Spanyol, Panama menjadi bab dari Republik Columbia pada tahun 1821. Berpisah pada tahun 1903 kemudian diinvasi dengan keji oleh Amerika Serikat pada tahun 1989 dalam upaya untuk menggulingkan Noriega.

Hari ini, budaya Panama yang dapat dilihat wisatawan ialah adonan dari pribumi (penduduk orisinil Panama 12,3% dari populasi), budaya Eropa dan Afrika, dan lainnya dari Amerika Serikat. Budaya AS sendiri termasuk signifikan di sana.

Terusan Panama dijuluki satu dari tujuh keajaiban dunia modern oleh American Society of Civil Engineers. Fasilitas ini telah memainkan tugas besar dalam evolusi Panama.

Sebelum adanya Terusan Panama, kapal-kapal berlayar di sekitar Cape Horn, Chile ujung Amerika Selatan. Prancis memulai proses pembangunannya kembali pada selesai tahun 1800-an, akses itu gres selesai tahun 1914 oleh Amerika Serikat.

Lebih dari USD 375 juta setara USD 8,6 miliar kurs hari ini (Rp 126,3 triliun), digelontorkan Amerika Serikat untuk menyelesaikannya. Harga yang lebih besar yakni 5.000 jiwa melayang akhir penyakit atau kecelakaan selama masa konstruksi oleh AS.

Amerika Serikat mempunyai dan mengoperasikan terusan selama 70 tahun. Baru pada bulan Desember 1999 Panama berhasil mengendalikan perairan vital ini.

Kisah Panama yang Kini Hidup BahagiaNegara ini kerap dikunjungi kapal pesiar dan wisatawan asing (iStock)
Saat ini, lebih dari 15.000 kapal termasuk kapal pesiar wisata melaksanakan perjalanan melewati akses sepanjang 82 kilometer setiap tahun. Kontribusinya sampai 40% dari ekonomi Panama dengan total USD 2.238 juta atau Rp 32,5 triliun selama tahun fiskal 2017 saja.

Berapa anggapan mengungkap Panama lahir kembali saat diberikan kontrol penuh atas akses itu. Secara historis Panama berusia lebih dari seratus tahun, tetapi hanya benar-benar merdeka semenjak Amerika Serikat pergi.

Invasi Amerika membantu Panama jadi daerah yang kondusif dari aneka konflik. Ketika Amerika sungguhan pergi, Panama ialah negara muda dengan optimisme untuk membangun negeri.

Panama City menjadi rumah bagi sekitar setengah penduduk negara itu. Adalah satu-satunya ibu kota di dunia yang mempunyai hutan hujan tropis di batas kotanya. Dalam 15 tahun terakhir, Panama telah berkembang pesat. Sudah banyak investor masuk yang membangun hotel, dan gedung-gedung dan menciptakan Panama lebih indah daripada sebelumnya.

Dalam daftar tahunan, indeks panjang umur, kebahagiaan, Panama berada di peringkat keenam negara terbahagia di dunia pada tahun 2017. Pada daftar majalah International Living, Panama ada di 10 daerah teratas sebagai daerah pensiun di luar negeri.

Post a Comment

 
Top