0 Comment
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)

Jakarta - Jalan-jalan naik bus cukup digemari traveler. Biar traveling naik bus jarak bersahabat maupun jauh tetap nyaman, ada sejumlah tips yang sanggup dicoba.

Traveling naik bus memang menyenangkan. Meskipun perjalanan lebih usang daripada naik pesawat, bus tentunya punya keunggulan yang bikin traveler betah. Saat naik bus traveler sanggup menikmati pemandangan indah yang tersaji sepanjang perjalanan, juga melihat aneka objek wisata dari dekat.

Supaya nyaman naik bus, terdapat tips-tips yang sanggup diterapkan. Dirangkum detikTravel, Kamis (15/11/2018), berikut ini 6 tips nyaman naik bus:

1. Memilih bus sesuai selera

Jika aktivitas perjalanan sudah ditetapkan, saatnya mencari tiket bus. Pilihlah bus yang pelayanan maupun interiornya sesuai dengan harapan traveler, yang dirasa bakalan bikin betah selama perjalanan. Dan tentunya juga diubahsuaikan dengan budget yang tersedia.

Misalnya saja soal bus AC maupun tidak AC. Selera traveler tentu berbeda-beda, ada yang suka naik bus AC semoga tidak kegerahan, tapi ada pula yang lebih suka naik bus non AC dan membuka jendela.

Begitu pula dengan susunan daerah duduknya. Terdapat bus dengan susunan dingklik 2-2, ada pula yang sisi kanan 3 dingklik dan sisi sebelahnya 2 kursi, dan lain sebagainya. Untuk toilet bus pun begitu. Kalau perjalanan panjang sebaiknya pilih bus yang menyediakan toilet.

2. Cari informasi lengkap

Sebelum membeli tiket bus, cari tahu dulu rincian perjalanan. Mulai dari naiknya dari mana, turunnya di mana, hingga selama perjalanan berapa kali bus akan mampir ke pemberhentian menyerupai restoran.

Tanyakan juga apakah bus sanggup berhenti di titik tertentu sebelum hingga di terminal. Tak jarang traveler meminta untuk turun di spot tertentu sebelum datang di terminal terakhir, sebab lebih memudahkan untuk dijemput atau pun lebih bersahabat dengan tujuan utamanya.

3. Memilih daerah duduk

Pemilihan daerah duduk juga penting untuk menunjang kenyamanan. Biar lebih nyenyak dan yummy tidur, dingklik di bersahabat jendela sanggup jadi andalan. Kursi di pojok bersahabat jendela ini umumnya memberi ruang yang lebih leluasa buat tidur.

Traveler pun sanggup menyandarkan ke kepala ke jendela. Namun memang agak ribet kalau ingin keluar ke toilet misalnya, sebab harus melewati penumpang di dingklik sebelah.

Selain itu, kalau masih banyak dingklik kosong, pilihlah daerah duduk yang agak jauh dari pintu bus dan toilet semoga sanggup lebih damai sebab terhindar dari banyaknya orang ke luar masuk. Banyak pula yang menyarankan untuk tidak duduk di dingklik yang posisinya sempurna di atas roda sebab kurang nyaman.

4. Bawa bantal leher

Biar tidur lebih nyaman, siapkan bantal leher. Ini juga untuk persiapan kalau traveler naik bus yang tidak menyediakan bantal. Bawa pula kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari.

BACA JUGA: Foto: 'Rumah Berjalan' dari Bekas Bus Sekolah

5. Letakkan tas besar atau koper di bagasi

Bus antar kota maupun antar provinsi biasanya punya bagasi khusus buat tas penumpang. Buat yang bawa koper atau tas berukuran besar, taruh saja di bagasi bus sebab biasanya bagai kabin bus tidak terlalu besar. Cukup tas kecil saja yang dibawa masuk ke dalam bus dan diletakkan di area bagasi di sisi atas kabin.

Tas atau barang bawaan lainnya juga sanggup diletakkan di bawah kursi, sekaligus untuk sandaran kaki kalau naik bus yang tidak menyediakannya.

6. Persiapkan gadget

Nah, kalau rasa kantuk tak kunjung datang dan masih ingin menikmati pemandangan indah yang tersaji di perjalanan, asyiknya sambil mendengarkan musik. Bawalah pemutar musik, atau kalau ingin mendengarkan musik dari ponsel saja, jangan lupa download dulu aplikasi streaming musik dan sedia powerbank. Jaga-jaga kalau baterai cepat habis.

Selain itu, buat mengisi waktu traveler juga sanggup main game, membaca e-book maupun update status dan foto di media sosial. Kini juga sudah banyak bus yang menyediakan akomodasi WiFi, asyik ya!

Post a Comment

 
Top