0 Comment
Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Sepatu buatan Vivobarefoot istimewa alasannya ialah bahannya ramah lingkungan. Tiap pasang sepatu dibentuk dari 17 botol plastik daur ulang.

Peduli problem limbah plastik, sebuah merek sepatu asal Inggris punya penemuan keren. Dikutip dari Business Insider (15/11), Vivobarefoot memperkenalkan seri sepatu berbahan botol minum plastik daur ulang. Inisiatif ini bisa mencegah polusi limbah plastik yang butuh waktu 400 tahun untuk terurai.

Wouw! Sepatu Keren Ini Dibuat dari 17 Botol Plastik Daur UlangFoto: iStock

Perusahaan sebetulnya sudah memulai langkah ramah lingkungan pada 2015. Kala itu Vivobarefoot meluncurkan sepatu eco-canvas dan eco-suede yang masing-masing menggunakan 50% plastik (polyethylene terephthalate) PET daur ulang. Yang terbaru, mereka menciptakan sepatu ramah lingkungan yang tiap pasangnya menggunakan 17 botol plastik PET daur ulang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Botol Minum yang Aman?

Plastik PET dipilih alasannya ialah merupakan materi yang gampang ditempa, kuat, dan tahan lama. Sangat pas dijadikan materi adonan menciptakan sepatu yang infinit dan serba guna.

Wouw! Sepatu Keren Ini Dibuat dari 17 Botol Plastik Daur UlangFoto: Istimewa

Seri sepatu Vivobarefoot terbaru akan meliputi produk sepatu olahraga minimalis, sepatu jejak, sepatu boots untuk di darat dan air, serta streetwear menyerupai sepatu boots suul chuuka. Harganya berkisar dari USD 75 (Rp 1.057.500) sampai USD 210 (Rp 2.961.000).

Ke depannya, Vivobarefoot akan tetap mencanangkan konsep 'sustainability.' Pada tahun 2019 mereka berencana menggunakan lebih banyak materi daur ulang untuk inovasi-inovasi terbaru. Namun untuk ketika ini, koleksi sepatu berbahan plastik PET merupakan yang diunggulkan.

Wouw! Sepatu Keren Ini Dibuat dari 17 Botol Plastik Daur UlangFoto: Istimewa

Sebelumnya desainer London, Rowan Minkley dan Robert Nicoll bersama jago biokimia, Greg Cooper mempunyai inisiatif serupa. Mereka menyulap kulit kentang jadi materi pembuat furnitur.

Bernama Chip(s) Board, materi permbuat furnitur ini sifatnya berpengaruh dan bisa didaur ulang kalau sudah tak dipakai. Caranya dengan diolah menjadi kompos penyubur tanaman.

Baca Juga: Kulit Kentang Kaprikornus Bahan Pembuat Furnitur Ramah Lingkungan

Post a Comment

 
Top