0 Comment
Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Agar tak kebablasan, hebat gizi menciptakan panduan ukuran porsi untuk atasi obesitas. Dengan cara ini tak perlu repot untuk menimbang materi makanan.

Menurut British Nutrition Foundation, banyak orang yang makan berlebihan atau melaksanakan diet yang tidak seimbang. Dengan dukungan tangan, kita sanggup mengetahui berapa banyak setiap kuliner yang harus dimakan supaya sanggup menciptakan orang lebih sadar akan kalori.

Ini Cara Mudah Mengukur Porsi Makan dengan TanganFoto: Istimewa

Panduan ini mengajarkan Anda untuk memanfaatkan tangan, jari dan ibu jari sebagai alat untuk menawarkan berapa banyak porsi yang sanggup dimakan. Dibuatnya alat yang gampang diaplikasikan ini alasannya ialah pemerintah terus memperingatkan perihal ancaman obesitas yang kian meningkat alasannya ialah konsumsi kalori secara berlebihan.

Panduan ini dibuat oleh British Nutrition Foundation untuk mengukur berapa berat kuliner yang mengandung karbohidrat, protein, susu, buah, sayuran dan minyak dalam kalori yang disarankan pemerintah. Dalam sehari, laki-laki sampaumur membutuhkan kalori sekitar 2.500 Kkal dan perempuan 2.000 Kkal.

Baca juga: Gunakan Tangan Sebagai Ukuran untuk Kontrol Porsi Makan

Dengan mengukur porsi kuliner dengan tangan tentu akan menciptakan kita 'makan lebih sedikit'. Satu porsi dada ayam panggang, salmon fillet matang atau steak matang yang disarankan ialah berukuran sekitar setengah ukuran tangan Anda. Keju dilarang lebih dari 'seukuran dua jempol bersama' dan pasta mentah 'dua genggam'.

Saran-saran ini sejalan dengan teladan makan yang baik berdasarkan pemerinta dimana kuliner kita harus terdiri dari sepertiga buah dan sayuran, sepertiga karbohidrat dan sisanya dibagi antara susu dan protein. Ini berarti setiap hari, kita sanggup makan lima atau lebih porsi buah dan sayuran, tiga sampai empat porsi karbohidrat menyerupai roti, nasi atau pasta dan masing-masing dua sampai tiga porsi protein dan susu.

Sebagian besar orang menciptakan pasta dengan asumsi kasar. Tetapi justru asumsi ini meleset sehingga sanggup menambah hampir dua kali lipat kalori yang dibutuhkan. BNF menemukan bahwa ukuran yang paling umum dikonsumsi ialah 230 gram (324 Kkal) dan 10 persen orang mengonsumsi 350 gram (500 kalori), sebelum ditambahkan saus atau materi kuliner lain. Agar porsinya tepat, disarankan memakai jari yang dibuat seukuran koin untuk spaghetti.

Ini Cara Mudah Mengukur Porsi Makan dengan TanganFoto: Istimewa

Dikutip dalam Daily Mail (15/01) Minyak harus dipakai dalam 'jumlah kecil' sebagai tambahan. Penggunaan pengukuran sendok menawarkan berapa banyak kalori yang terkandung dalam kuliner menyerupai minyak. Minyak zaitun atau minyak sayur untuk memasak per sendok makan mengandung 99 Kkal.

Baca juga: Ikuti Aturan Porsi Tangan Ini untuk Konsumsi Makanan dengan Jumlah Ideal (1)

Kelompok kuliner ini sanggup dinikmati dalam porsi kecil. Misalnya dalam kelompok karbohidrat, kentang panggang sekitar 213 Kkal untuk ukuran sekepalan tangan. Sedangkan popcorn biasa 94 Kkal sebanyak tiga genggaman.

Para hebat dari Statistik Nasional telah menyarankan bahwa orang tidak suka mengambil pekerjaan yang berat dan balasannya berbohong pada diri sendiri perihal seberapa banyak mereka makan. Dengan mengonsumsi kuliner berporsi sempurna sanggup membantu kurangi obesitas.

Beberapa proposal pun telah dilakukan oleh pemerintah demi menekan angka obesitas. Seperti pajak pemanis untuk minuman anggun pada bulan April. Pemerintah juga mewajibkan semua restoran dan gerai kuliner cepat saji (fast food) untuk menampilkan jumlah kalori dalam setiap sajian kuliner mereka.

Post a Comment

 
Top