0 Comment
Mobil Balap Daihatsu dengan Pintu Gullwing. Foto: Dina RayantiMobil Balap Daihatsu dengan Pintu Gullwing. Foto: Dina Rayanti

Tokyo - Daihatsu identik dengan mobil-mobil berukuran mungil. Itu alasannya yakni kebanyakan kendaraan beroda empat yang diproduksi Daihatsu yakni jenis Kei Car. Kei Car sendiri memang diminati oleh masyarakat Jepang alasannya yakni ukuran mungil sehingga tak perlu lahan parkir yang luas.

Tapi jangan salah, buat Otolovers yang belum tahu, Daihatsu juga punya lho kendaraan beroda empat balap dengan pintu gullwing seolah-olah kendaraan beroda empat mewah. Mobil tersebut yakni P-5.

Daihatsu P-5 bekerjsama bukanlah kendaraan beroda empat baru. Daihatsu seolah nostalgia dengan menghadirkan P-5 di lantai Tokyo Auto Salon 2019. P-5 merupakan kendaraan beroda empat balap Daihatsu yang dibangun tahun 1967. P-5 merupakan versi terbaru P-3 namun dibekali mesin berkapasitas lebih besar yakni 1.300cc. Mesin tersebut dipasang di bab belakang mobil.



Dengan bobot seberat 510 kg, P-5 mempunyai tenaga setara 140 daya kuda. Sebelum disapa P-5, Daihatsu mengenalkannya dengan nama P-5X dan pribadi mejeng di Tokyo Motor Show Oktober 1967.



Pada tahun yang sama pula, P-5 mengikuti ajang balap Japanese Grand Prix. Kemudian setahun setelahnya, Daihatsu P-5 menjadi juara di Japan Grand Prix.

Sejak Toyota membeli Daihatsu pada tahun 1969, P-5 tak lagi terlihat berseliweran. P-5 dapat hadir di Tokyo Auto Salon 2019 berkat kerja keras para veteran berkolaborasi dengan pekerja gres di kantor Daihatsu.


Simak juga video dikala 'Daihatsu Ayla Turbo Tampil Garang di GIIAS 2018':

[Gambas:Video 20detik]


Daihatsu Juga Punya Mobil Pintu Gullwing

Post a Comment

 
Top