0 Comment
Batik Tubo dari Ternate (Wahyu/detikTravel)

Ternate - Batik sangat lekat dengan budaya Indonesia. Bertepatan dengan Hari Batik Nasional, yuk kenalan dengan Tubo, batik orisinil Ternate yang cantik.

Kain Batik tak hanya milik satu etnis saja. Indonesia bab timur juga punya motif batik yang tak kalah cantik. Inilah Tubo, motif batik yang khas dari Ternate.

Dirangkum detikTravel, Selasa (2/10/2018), Tubo yakni batik khas Ternate. Nama Tubo sendiri yakni sebuah kampung di Ternate. Tubo dibentuk semenjak tahun 2010 oleh Kustalani Syakir.

Batik Tubo yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari warga Maluku Utara. Motifnya segar dan unik, ibarat bunga cengkeh, pala atau bahkan bentuk pulau.

Tak hanya itu, ada pula motif ikan, burung bidadari Halmahera sampai pisang bebe. Motif-motif ini menggambarkan kedekatan warga Maluku Utara dengan alam Indonesia.

Itu gres motif saja. Bicara warna, Tubo mempunyai kesan berani dan kuat. Warna yang diberikan pada Tubo ibarat mempunyai gradasi.

Teknik pewarnaannya dibentuk ombre dengan adonan warna cerah. Ada warna merah yang berpadu dengan kuning, hijau dan toska. Traveler akan dibentuk segar dengan motif Tubo yang colorful.

Proses pembuatan Tubo sama ibarat batik di Jawa. Canting dan cap jadi alat untuk menciptakan batik indah ini.

Kain batik Tubo dihargai dengan kisaran Rp 250.000 per lembarnya. Harga kain dapat lebih mahal atau murah, tergantung dari bahannya.

Traveler yang liburan di Ternate dapat membeli kain Tubo di toko suvenir Rumah Oleh-oleh Khas Maluku Utara. Selamat Hari Batik Nasional!

Post a Comment

 
Top