0 Comment
Kang Emil di Red Square, Moskow (ridwankamil/Instagram)

Moskow - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika kunjungan ke Moskow, Rusia, sempat jogging di Red Square atau Lapangan Merah. Tempat apa sih ini sebenarnya?

Orang nomor 1 di Jawa Barat ini diketahui cukup aktif di Instagram. Dilihat detikTravel dari laman Instagramnya, Kamis (18/10/2018), Kang Emil ketika ini tengah berada di Moskow, Rusia untuk menghadiri West Java Investor Forum.



Lewat lembaga tersebut, Kang Emil memperlihatkan aneka peluang investasi di Jawa Barat termasuk pariwisata pada para investor Rusia 5 tahun ke depan.

Menariknya, sebelum menghadiri lembaga Kang Emil menyempatkan diri untuk melaksanakan jogging pagi di Lapangan Merah atau Red Square yang ikonik di Moskow. Apa sih yang membuatnya begitu spesial?

Mengenal Red Square di Moskow, Tempat Ridwan Kamil JoggingKang Emil menyempatkan jogging sebelum program (ridwankamil/Instagram)


Bagi traveler pecinta sejarah, Red Square menjadi saksi bisu dari sejarah panjang politik Rusia. Tak kalah pentingnya dengan Kremlin yang sekarang telah beralih fungsi jadi kediaman resmi Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Secara arti nama Red Square berasal dari kata Karsnyi yang berarti indah. Namun, berarti merah dalam kontemporari Rusia. Tak ada kaitannya dengan ideologi Komunis atau warna bangunan di sana.

Mundur ke abad-14, Red Square merupakan tempat kumuh yang berada di bawah Tembok Kremlin. Sebagaimana kondisi ketika itu, pengamen, kriminal sampai orang mabuk banyak dijumpai di sana.

Mengenal Red Square di Moskow, Tempat Ridwan Kamil JoggingRed Square, saksi bisu politik dan sejarah Rusia (Resha/detikTravel)

Barulah pada tahun 1400 di bawah Ivan III, tempat tersebut mulai 'dibersihkan.' Namun, tetap saja jadi tempat kumpul penjahat sampai tempat sanksi publik. Tak ada aturan di Red Square ketika itu.

Nama Red Square pun gres resmi disematkan pada pertengahan era ke-17, menggantikan nama 'Fire Square' dan Trinity Square. Adapun, Red Square juga jadi tempat parade militer yang memperlihatkan wibawa pasukan Soviet di mata dunia kala itu.

Hanya saja, fungsi Red Square sebagai tempat parade militer mulai hilang usai Perestroika. Fungsinya pun beralih menjadi tempat konser rock, musik klasik, ekspo sampai fashion berkelas dunia.

Mengenal Red Square di Moskow, Tempat Ridwan Kamil JoggingLandmark di Red Square Moskow (Novi Kusumayanti/d'Traveler)

Setiap awal tahun, Red Square juga jadi venue utama penghitungan momen Tahun Baru. Dimeriahkan oleh kembang api dan pesta meriah, tak terhitung berapa banyak turis yang datang.

Bagi para turis, Red Square pun telah menjadi objek wisata wajib kunjung apabila liburan ke Moskow. Traveler juga dapat mengagumi sejumlah bangunan bersejarah khas Rusia yang tersebar di sekitar Red Square. Istilahnya, belum ke Rusia jikalau belum ke Red Square!




Tonton juga 'Melting Pot Suporter Sepakbola di Red Square':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top