0 Comment
Air Terjun Talaga Pange di Ambon (Muslimin/detikTravel)

Ambon - Pulau Ambon menyimpan aneka macam keindahan yang tidak ada habisnya. Ada lagi nih Air Terjun Telaga Pange yang wisatawan mesti tahu.

Pulau Ambon selama ini populer mempunyai destinasi wisata pantai nan indah, ibarat Pantai Liang, Natsepa dan pantai lainya di Pulau Ambon, yang biasanya dikunjungi warga di final pekan. Ternyata selain destinasi pantai, ada penderasan eksotis yang tidak kalah cantik.

Air Terjun Talaga Pange berada pada tebing bebatuan. Air Terjun Talaga Pange manawarkan keindahan penderasan yang masih alami. Ini sebab lokasinya berada di tengah hutan belantara hijau nan asri.

Letaknya berada di suasana yang asri (Muslimin/detikTravel)Letaknya berada di suasana yang asri (Muslimin/detikTravel)
Dari sentra kota Ambon, traveler harus menuju Dusun Taeno, Kecamatan Teluk Ambon, membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Dari Dusun Taeno petualangan dimulai. Wisatawan berjalan kaki terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam dengan rute naik turun bukti serta menyusuri pedoman sungai.

Perjalanan tidak akan terasa bosan dan jenuh sebab traveler akan disuguhkan pemandangan pepohonan yang asri dan bebatuan yang berada di tepi sungai. Bukan mata yang hanya dimanjakan dengan keindahan alam, gemercik bunyi air dan sesekali terdengar serta merdunya bunyi burung akan menemani trekking menuju Air Terjun Talaga Pange.

Medan trekking berupa tanjakan curam dan masih didominasi oleh tanah, traveler perlu berhati-hati kalau sedang trend hujan sebab sangat licin. Perlu diperhatikan juga kalau mengunjungi Air Terjun Talaga Pange pastikan memakai ganjal kaki yang sesuai untuk trekking. Selama perjalanan traveler tidak akan menjumpai warga sekitar, karena menuju penderasan berada di tengah-tengah hutan.

Medan menuju Air terjun (Muslimin/detikTravel)Medan menuju Air terjun (Muslimin/detikTravel)
Bila kelelahan dikala naik turun tanjakan yang curam, beristirahatlah di tepi sungai yang mempunyai air yang jernih dan terasa dingin. Wisata alam ini tidak cocok dengan bawah umur karena medan yang berat.

"Selama perjalanan tidak akan merasa lelah sebab melihat hutan asri, rimbun, bersih. Cuma ada beberapa jalur yang terjal harus hati-hati. Kalau buat bawah umur dan lanjut usia kayaknya tidak terlalu rekomendasi sebab separuh area terjal dan licin," ujar salah satu traveler, Iam Samal.

Ian menjelaskan, mungkin terasa lelah tapi rasa itu terbayarkan ketika hingga di sana. Begitu datang di traveler dapat pribadi beramai ramai loncat dan mandi di air terjun.

Suasana yang sejuk dan segar (Muslimin/detikTravel)Suasana yang sejuk dan segar (Muslimin/detikTravel)
"Memang lelah, tapi dikala melihat penderasan dan melihat bak air pribadi loncat beramai ramai berenang di dalam bak air yang jernih," ujarnya.

Air Terjun Talaga Pange setinggi 40 meter ini dijamin bikin kau takjub dan tidak ingin cepat-cepat meninggalkan hutan Dusun Taeno. Dengan adanya wisata penderasan di semakin menegaskan Ambon mempunyai pesona alam yang tidak ada habisnya.

Post a Comment

 
Top