0 Comment
Pulau Aogashima, Jepang (iStock)

Aogashima - Desa di Jepang ini terbilang unik tapi juga mengerikan. Letaknya ada di dalam kawah gunung berapi di sebuah pulau vulkanik. Greget banget nih.

Dihimpun detikTravel, Selasa (16/10/2018), namanya Desa Aogashima. Mungkin desa di Pulau Aogashima, Jepang , dapat disebut sebagai yang paling berbahaya di dunia.

Bayangkan saja, desanya terletak di dalam sebuah kawah gunung berapi yang masih aktif. Padahal dapat saja gunung berapi itu meletus kembali.

Aogashima berjarak sekitar 358 kilometer dari bab selatan Tokyo. Saking terpencil dan sulit aksesnya, Desa Aogashima juga disebut sebagai pulau paling terpencil di Kepulauan Izu.

Pulau Aogashima merupakan sebuah pulau dengan gunung api aktif di Laut Filipina tetapi masuk wilayah Jepang. Ada sekitar 170 penduduk yang tinggal di sana.

Pelabuhan di Pulau Aogashima (iStock)Pelabuhan di Pulau Aogashima (iStock) Foto: undefined


Padahal pada tahun 1780, Gunung Aogashima pernah meletus dahsyat dan menewaskan hampir setengah dari 327 orang yang tinggal di sana. Mau tidak mau masyarakatnya harus mengungsi untuk menyelamatkan diri.

Yang bikin heran yaitu masyarakat yang melarikan diri malah kembali lagi ke Aogashima sekitar 50 tahun kemudian. Sudah sadar berbahaya, namun tetap saja dihuni.

Mungkin dapat dibilang jikalau Aogashima ini ibarat Gunung Krakatau di Indonesia. Tapi di balik ancaman letusan gunung api yang mungkin masih dapat terjadi, alam di Aogashima begitu hijau dan indah.

Letusan gunung api yang terdahulu memang menciptakan tanah menjadi lebih subur dan cantik untuk bercocok tanam. Mungkin itu alasannya, kenapa kawasan itu masih ditinggali masyarakat.

Apabila ingin berkunjung, Anda terlebih dulu harus menuju Hachijojima dari Bandara Haneda. Sesampainya di Hachijojima, Anda dapat menentukan antara moda transportasi feri dari pelabuhan atau naik helikopter.

Helikopter beroperasi setiap hari, sedangkan feri hanya hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat. Traveler berminat mengunjunginya?





Tonton juga 'Potret Kawah Gunung Agung dari Lensa Mata Langit':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top