0 Comment
Foto: Gua Lalay yang konon tak berujung di Ciamis (Dadang/detikTravel)

Ciamis - Di Ciamis, ada satu gua yang masih menjadi misteri. Konon katanya, gua ini mempunyai kedalaman yang panjang hingga disebut gua tak berujung. Inilah Gua Lalay.

Di Ciamis, ketika ini masih banyak tempat yang menyimpan misteri. Salah satunya gua Lalay yang masih misterius dan konon mempunyai kedalaman yang panjang, sehingga disebut juga sebagai gua tak berujung.

Gua Lalay ini terletak di blok Malabar Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Lokasinya sempurna di atas bukit di belakang Pondok Pesantren Nurul Hidayah.

Gua ini disebut Gua Lalay, alasannya ialah dulunya di gua ini tempat bersarangnya kelelewar kecil. Saat detikTravel mencoba menelusuri gua, di pintu masuk gua yang berdiameter sekitar 2 meter, udaranya sangat sejuk.

Misteri Gua yang Tak Berujung di CiamisFoto: Pintu masuk ke gua (Dadang/detikTravel)


Saat masuk ke dalam gua, pengunjung akan disuguhkan dengan luasnya gua yang seolah-olah kubah masjid, indah dan pemandangan eksotik. Sebelum masuk, pengunjung atau peziarah diwajibkan untuk mengumandangkan adzan terlebih dulu oleh perwakilan.

Gua itu dihiasi dengan stalaktit atau batuan yang berwarna putih memanjang dan meruncing dari atas ke bawah. Panjang stalaktit itu beraneka dari yang pendek hingga panjang dan runcing. Diduga terbentuk sudah bertahun-tahun.

Stalaktit merupakan endapan watu yang menggantung dari langit-langit gua kapur atau jenis watu tetes. Stalaktit terbentuk dari pengendapan kalsium karbonat dan mineral lainnya, yang terendapkan pada larutan air bermineral.

Di dalam ruang gua itu terdapat lubang berukuran cukup kecil yang hanya bisa dilintasi oleh satu orang dengan kedalaman sekitar 5 meter. Kemudian ada lubang lagi yang mengharuskan pengunjung gua membungkuk.

Misteri Gua yang Tak Berujung di CiamisFoto: Lorong yang konon tak berujung (Dadang/detikTravel)


Nah, lubang lorong ini diduga sangat panjang, sehingga jarang ada orang berhasil hingga ke ujung gua. Selain kondisinya gelap juga bab lorong cukup sempit sehingga menyebabkan orang yang mencoba menelusuri gua memaksa kembali lagi.

Konon berdasarkan cerita, ada yang menyebut jikalau hingga ke ujung gua ini akan hingga ke Tanah Suci. Namun ada juga dongeng di ujung gua ini akan hingga ke sumber air atau laut. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menembus gua itu. gua ini diyakini juga sebagai salah satu tempat petilasan Syekh Subakir.

Keberadaannya belum diketahui masyarakat luas. Padahal gua ini mempunyai keindahan alami yang berpotensi untuk dijadikan salah satu destinasi wisata.

Suhada, warga setempat, yang juga pemilik lahan di gua itu bercerita ketika masih muda pernah ingin tau mencoba menjelejah gua itu, untuk mengetahui panjang lorong gua. Namun, meski sudah berjalan kaki hampir seharian ia belum hingga ke ujung gua.

"Sudah habis beberapa obor untuk penerang, tetapi belum hingga ke ujung gua. Karena sudah capek jadi memutuskan kembali keluar," ujar Suhada kepada detikTravel, Kamis (18/10/2018).

Misteri Gua yang Tak Berujung di CiamisFoto: Banyak wisatawan yang ke gua ini (Dadang/detikTravel)


Kata dia, beberapa pengunjung dari aneka macam tempat sempat ada yang datang, namun belum pernah ada yang berhasil ke ujung gua.

"Menurut dongeng kata orang bau tanah dulu. Katanya pernah ada orang sholeh yang berhasil hingga ke ujung gua. Konon katanya pribadi tembus ke Tanah Suci Mekkah. Tapi itu hanya cerita," terangnya.

Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hidayah Cici Handritin menyampaikan menurutnya gua ini sempat disinggahi oleh Syekh Subakir yang merupakan guru dari Syekh Abdul Muhyi.

"Suka ada yang ke sini berziarah berdoa di sini. gua ini sering digunakan berdoa. Yang terperinci di gua ini jangan digunakan untuk kemusyrikan alasannya ialah jikalau itu terjadi maka gua akan pribadi runtuh," katanya.

Post a Comment

 
Top