0 Comment
Bukit kerikil yang menjulang tinggi (iStock)

Zhangjiajie - China punya keajaiban alam berjuluk pegunungan melayang. Namun bukan arti sebenarnya, lanskap ini yang jadi referensi film 'Avatar' yang ternyata ada di Bumi.

Dihimpun detikTravel, Minggu (15/10/2018), inilah perbukitan kerikil yang ada di Zhangjiajie, China. Saat cuaca berkabut, wisatawan akan terilusi pemandanganyan sehingga menciptakan bukit-bukit di sana terlihat melayang.

Lokasi tepatnya ada di Taman Nasional Zhangjiajie, Kota Zhangjiajie, Hunan, China. Destinasi ini memang pantas disebut sebagai salah satu objek wisata terindah di Negeri Tirai Bambu.

Bukit-bukit kerikil lancip yang dihias pepohonan hijau jadi sajian utama yang paling dicari para wisatawan. Terlebih ketika kabut turun dan menyelimuti area hutan sehingga menciptakan beberapa bukit yang sangat menjulang berada di atas kabut.

Mengakses bukit kerikil yang menjuklang dengan cable car (iStock)Mengakses bukit kerikil yang menjuklang dengan cable car (iStock)
Pemandangan tersebut memberi sensasi bukit-bukit yang melayang, persis di film 'Avatar' yang diputar tahun 2010 lalu. Tahun 1982 yaitu ketika tempat ini menjadi Taman Nasional pertama di China.

TN Zhangjiajie yang seluas 4.810 hektar ini masih masuk ke dalam tempat Wulingyuan. Tahun 1992, tempat Wulingyuan masuk dalam daftar Situs Peninggalan Sejarah UNESCO. Karena dianggap sebagai geopark, tahun 2004 TN Zhangjiajie masuk dalam daftar global geopark di UNESCO.

Keunikan yang luar biasa ini terbentuk dari hasil pengikisan beribu-ribu tahun lamanya. Mulai dari pengikisan air hingga udara alasannya yaitu cuaca menerpa tempat ini. Setelah ditempa demikian, bebatuan di sini menunjukkan betapa keindahan alam dapat yang megah.

Ada lebih dari 300 bukit yang menjulang di sini dan bukit yang tertinggi dapat mencapai 400 meter. Saking pemandangan di sini menyerupai dengan Planet Pandora yang ada di 'Avatar', salah satu bukit dinamakan sama dengan gunung yang ada di film.

Saat berkabut di Taman Nasional Zhangjiajie (iStock)Saat berkabut di Taman Nasional Zhangjiajie (iStock)
Pemerintah setempat menamakan salah satu bukitnya dengan nama Gunung Haleluyah. Itu yaitu nama gunung melayang di Planet Pandora yang ada di film 'Avatar'.

Sepanjang jalan menuju Taman Nasional Pegunungan Tianmen, Zhangjiajie, China mungkin dapat jadi jalanan paling mengerikan buat kau yang mau lewat sini. Jalanan ini berada di atas ketinggian 1.041 meter, dengan medan berkelok dan tikungan tajam.

Jalan ini merupakan susukan utama menuju Tianmen. Kalau dari jauh, terlihat menyerupai berkelok tajam menuju ketinggian. Melihat sekilas saja sudah bikin ngeri!

Kalau di total, ada sekitar 99 tikungan di sana. Jika diperkirakan, dapat mencapai satu setengah bus besar dan memang cukup ancaman kalau dilewati ketika malam hari.

Berkeliling di desa setempat (iStock)Berkeliling di desa setempat (iStock)
Meskipun terlihat menyeramkan, di sepanjang jalan ini punya pemandangan yang indah. Pepohonan dan suasana sejuk akan menemani traveler di setiap meternya.

Di sana ada banyak sekali atraksi wisata menarik. Di atas ketinggian ribuan meter tersebut, traveler dapat melalui jembatan beling yang ekstrem, naik cable car hingga bermain sepeda.

Salah satu yang paling ikonik di sini asalah Heaven Gate Mountain, yakni gerbang menuju titik teratas dari Tianmen. Bentuknya menyerupai lubang di tengah tebing dengan ratusan anak tangga.

Bungee jumping tertinggi di dunia juga ada di sini. Tak hanya itu, lokasinya juga ada di jembatan beling tertinggi di dunia.

Lokasi bungee jumping tertinggi di dunia ini ada di Jembatan Kaca Grand Canyon Zhangjiajie, nah wahana ekstrem itu ada di bawahnya. Bungee jumping ini setinggi 260 meter.

Post a Comment

 
Top