0 Comment
Foto: Monumen Palagan Lengkong (Shinta/detikTravel)

Tangerang - BSD City, Tangerang Selatan bukan cuma perumahan. Di sana ada monumen usaha Mayor Daan Mogot, yang orang cuma tahu itu sebagai nama jalan.

Di jantung kota BSD, tepatnya seberang BSD Plaza bersahabat perumahan Damai Indah Golf, Tangerang Selatan, terdapat monumen bersejarah Indonesia. Monumen Palagan Lengkong namanya. atau sering disebut Monumen Lengkong. detikTravel berkunjung ke sana Rabu (10/10/2018) kemarin.

Jalan menuju Monumen Lengkong (Shinta/detikTravel)Jalan menuju Monumen Lengkong (Shinta/detikTravel)
Bisa dibilang, monumen ini hampir terlewatkan di tengah hiruk-pikuk BSD. Lokasinya memang strategis, namun tertutup beton dan gundukan rumput. Cukup gampang mencarinya, dari Mc Donald's belok kiri, ada di turunan sebelah kiri jalan.

Monumen ini dibentuk untuk mengenang kejadian Lengkong tanggal 21 Januari 1946 silam. Dahulu, Mayor Daan Mogot memimpin puluhan taruna perguruan tinggi untuk melucuti senjata tentara Jepang alasannya ialah kekalahannya. Awalnya berjalan mulus, namun tiba-tiba ada ledakan dan gugurlah 34 taruna dan 3 perwira, yakni Mayor Daan Mogot, Letnan Soebianto dan Letnan Soetopo.

Tulisan di tubuh monumen (Shinta/detikTravel)Tulisan di tubuh monumen (Shinta/detikTravel)

Daan Mogot (Dok. Ilustrator detikcom)Daan Mogot (Dok. Ilustrator detikcom)
Saat dikunjungi detikTravel pada siang hari, monumen ini sepi pengunjung. Hanya ada petugas kebersihan yang menjaga taman sekitar menyerupai menyapu dan memotong rumput.

"Jarang ada orang ke sini. Biasanya sih ada, orang dari Jakarta ke sini, cuma kini sudah jarang," kata Hamdan, salah satu petugas yang ada di lokasi.

Menurut Hamdan, di Monumen Lengkong juga jarang ada petugas pemerintah yang datang. "Jarang juga, paling ya bersih-bersih saja (petugas). Tuh, ada beberapa di sini," sembari menunjuk beberapa orang yang menyapu sekitar taman.

Suasana monumen yang asri (Shinta/detikTravel)Suasana monumen yang asri (Shinta/detikTravel)
Monumen ini menempati lahan seluas 500 meter persegi. Di atasnya, berdiri bendera Merah Putih yang berkibar.

Selain itu, di sebelah monumen juga terdapat rumah tua. Rumah ini terkunci, dengan goresan pena 'Cagar Budaya Monumen Palagan Lengkong'. Selain itu, ada juga klarifikasi sejarah mengenai Peristiwa Lengkong.

Suasana sekitarnya pun hijau nan asri. Sangat asyik untuk dikunjungi pada ketika berakhir pekan ataupun hari biasa ketika sore hari. Bisa jadi alternatif wisata sejarah di hidden gem Tangerang Selatan nih!




Tonton juga 'Petobo-Balaroa Akan Dibangun Monumen Bersejarah':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top