0 Comment
Foto: (Dadang Hermansyah/detikTravel)

Kota Banjar - Pernah dengar Taman Situ Mustika? Taman ini yaitu destinasi usang Kota Banjar. Taman ini kini hadir dengan wajah gres yang segar dan instagrammable.

Lama tak terdengar seiring turunnya pamor alasannya tidak kurangnya penataan. Kini Situ Mustika di Kota Banjar, Jawa Barat, mulai berdiri menjadi sebuah taman yang cocok untuk swafoto dan instagramable.

Taman Situ Mustika terlerak di Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Lokasinya sangat strategis, alasannya berada tidak jauh dari jalan nasional Banjar-Jawa Tengah. Namun kurangnya perawaran, situ mustika ini tidak banyak dikenal.

Semula, Situ Mustika ini hanyalah sebuah danau yang dikelilingi oleh hutan pinus milik Perhutani. Namun kondisinya yang kurang menarik, menciptakan obyek wisata alam yang ada di Banjar ini mulai ditinggalkan pengunjung. Terlebih setiap demam isu kemarau debit airnya berkurang bahkan mengering.

 (Dadang Hermansyah/detikTravel) (Dadang Hermansyah/detikTravel) Foto: undefined


Prihatin atas kondisi itu, masyarakat setempat setuju berhubungan dengan Perhutani untuk mengembalikan kejayaan situ mustika. Diawal tahun 2018, situ mustika mulai ditata menjadi sebuah taman yang cocok untuk berswafoto, terutama bagi wisatawan yang gemar mengunggah foto diri dengan latar belakang yang indah dan unik.

Pantauan detikTravel, kondisi alam di taman ini sudah sangat mendukung, alasannya dipenuhi dengan rindangnya hutan pinus. Banyak banyak sekali jenis bunga yang ditanam dan beberapa spot foto yang unik, ibarat taman bunga berbentuk hati, spot foto hati, dan rumpun bambu yang ibarat sebuah gua. Juga beberapa rumah pohon.

Meski pengerjaannya belum akibat 100 persen, namun sudah banyak pengunjung yang tiba hanya untuk berfoto-foto di beberapa titik yang telah disediakan.

"Bangga, kini situ mustika sudah manis dan indah, ada tamannya yang sangat pas untuk foto-foto, dulu bila kesini paling hanya duduk saja sekalian menyepi," terang Arto Sunarto, salah seorang warga Banjar dikala ditemui di Taman Mustika Senin (8/10/2018).

(Dadang Hermansyah/detikTravel)(Dadang Hermansyah/detikTravel) Foto: undefined


Sementara itu, Hen Hen Hendaris, tokoh masyarakat sekitar yang ikut membangun situ mustika ini, mengaku prihatin dengan kondisi situ mustika yang tidak mengalami perubahan sehabis ditinggal 30 tahun merantau keluar kota.

"Masyarakat setuju kerjasama dengan perhutani untuk menata situ mustika ini menjadi sebuah taman alam yang indah, semoga kembali menjadi salah satu wisata andalan di Kota Banjar," ujar Hen Hen dikala ditemui di lokasi taman.

Di taman situ mustika ini, juga dilengkapi dengan banyak sekali macam flora dan aneka pohon anggrek. Sehingga dapat menjadi taman edukasi bagi para pelajar di Banjar khususnya.

"Mudah-mudahan salah satu wisata alam di Kota Banjar ini dapat berdiri menjadi salah satu wisata andalan," pungkasnya.




Tonton juga 'Begini Cara Pembuatan Nasi Lemeng Khas Desa Banjar':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top