0 Comment
Foto: Dok Kemenpar

Jakarta - Pantai Jikumerasa yang masuk tempat Namlea, Kabupaten Buru ini memang cantik. Pasir putihnya membentang serta ombak damai dengan langit biru.

Pantai Jikumerasa jadi salah satu lokasi digelarnya Perhelatan Festival Pesona Bupolo 2018. Acara yang juga didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu juga dilaksanakan di destinasi-destinasi keren di Kabupaten Buru.

"Kami juga menggelar bersih-bersih pantai di destinasi ini. Ini pantai unggulan kami, punya pasir putih. Lokasinya hanya 15 menit dari Bandara. Ada acara lomba pukul bantal dan banyak rangkaian di Festival Pesona Bupolo yang dilaksanakan di pantai ini,"kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buru Istanto Setyahadi.

Pengunjung sanggup melaksanakan snorkling di pantai ini. Ombaknya yang damai dengan sesekali berdebur di bibir pantai menciptakan senja tak meragu untuk berlalu. Asik banget menikmati suasana pantai dengan memfoto aktifitas penduduk lokal.

"Dalam waktu akrab ini akan berdiri dive centre yang siap melayani para wisatawan. Wisatawan akan dibentuk nyaman di Pantai untuk snorkling ataupun diving. Pembangunan ini juga ada derma dari Kementerian Pariwisata. Terima kasih Kemenpar. Kita harus jaga pantai ini, dan silahkan tiba ke Jikumerasa,"kata Istanto.


Sekadar informasi, Pantai Jikumerasa ini terdapat Danau Air Asin, penduduk lokal menamakannya ibarat itu. Ini ibarat danau kecil yang dikala air laut pasang, maka akan masuk ke danau tersebut. Tapi dikala surut, air di danau pun tidak mengering.

Danau Air Asin ini ibarat danau kecil yang dikala air laut pasang, maka akan masuk ke danau tersebut. Tapi dikala surut, air di danau pun tidak mengering. Warnanya turqoise dan ditumbuhi oleh alga hijau dan juga bulu babi. Di belakang Danau Air Asin ada bukit-bukit yang sangat indah untuk menjadi latar belakang foto. Instagramable banget.

Wisata alam laut yang tersaji ibarat lukisan alam yang membentuk 3 warna tatkala matahari mulai berada sempurna di atas kepala. Pemandangan itu diiringi desiran gulungan ombaknya yang juga merupakan bonus bagi mereka pencinta surfing.

Pantai Jikumerasa juga punya pengaruh eksklusif terhadap penduduk setempat. Mereka berjualan pisang goreng dan menu rujak khas Maluku yang menarik hati lidah.

Bagi Anda yang suka tantangan, sanggup menikmati Pantai Jikumerasa dengan memakai bahtera Nelayan. "Lebih asik lagi menikmati matahari karam di pantai ini,"ajak Istanto.

Kepala Bidang Area IV Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Syukurni menambahkan, kalau Anda merasa lelah, agendakan wisata maritim ke Pantai ini. Akan terasa damai dan nyaman dengan desiran ombak yang halus.

"Cocok untuk melepaskan penat, silahkan tiba ke Buru. Banyak sekali destinasi-destinasi indah di negara kita. Salah satunya di Kabupetan Buru ini,"kata Syukurni.

Sekadar informasi, Pantai Jikumerasa ini juga masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017 dalam kategori Obyek Wisata Bersih Terpopuler.


Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap kepada seluruh masyarakat untuk menjaga objek wisata kita di daerah. Kata Menpar, Indonesia itu negara yang sangat kaya. Sangat lengkap. Biasa anak zaman now memanggilnya dengan istilah 'Semua yang elo mau, Indonesia ada'.

"Pulau kita lebih dari 17 ribu. Bentangan pantai kita sangat indah dan panjang. Tuhan menawarkan karunia yang tak ternilai kepada kita warga negara Indonesia. Oleh sebab itu mari kita jaga bersama destinasi kita. Minimal ialah hilangkan kebiasaan jelek membuang sampah sembarangan," ajak Arief Yahya.

Post a Comment

 
Top